Sulawesi Selatan, Tim Penuh Kejutan di Sepakbola PON 2016

Pertandingan Tim Jawa Barat melawan Sulawesi Selatan di fase grup PON 2016.
Sumber :
  • Antara Foto/Risky Andrianto

VIVA.co.id – Sulawesi Selatan berhasil melaju ke final cabang olahraga sepakbola Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016, Jawa Barat. Mereka melaju ke final usai mengandaskan perlawanan Sumatera Selatan dengan skor 2-0.

Shin Tae-yong Dapat Kabar Baik dari Erick Thohir soal Perpanjangan Kontrak

Kelolosan Sulsel ke babak final merupakan sebuah kejutan. Sebab, Sulsel harus bersusah payah demi tampil di PON.

Mereka sempat melewati fase playoff agar bisa bermain di putaran final PON 2016. Di babak playoff, Sulsel bertemu dengan Maluku Utara. Akhirnya, mereka mengunci satu tempat di putaran final PON 2016.

Intip Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23

Di putaran final, Sulsel tergabung di Grup B, bersama Kalimantan Selatan, Sumsel, dan Sumatera Utara, dalam babak penyisihan grup. Mereka lolos ke babak kedua karena berhasil menempati posisi kedua klasemen akhir Grup B, hasil dari dua kemenangan dan sekali kalah.

Selanjutnya, di babak kedua, Sulsel beradu kuat dengan Jawa Barat, Kalimantan Timur, dan Bangka Belitung. Di fase ini, Sulsel mengunci satu tempat di semifinal karena finis di peringkat kedua Grup D, kalah tiga poin dari Jawa Barat.

PSSI Buka Suara soal Dugaan Pengaturan Skor Bhayangkara FC Vs Persik

Dalam babak semifinal, Sulsel kembali bertemu dengan Sumsel. Banyak yang memprediksi, Sumsel akan menang atas Sulsel di kesempatan ini.

Sebab, pada pertemuan pertama di fase grup, Sumsel unggul atas Sulsel, dua gol tanpa balas. Secara mengejutkan, Sulsel justru berjaya. Mereka sukses mengandaskan Sumsel, 2-0.

Sulsel berhak lolos ke final. Lagi-lagi, mereka harus bertemu Jawa Barat. Pada pertemuan di babak kedua, Sulsel kalah dari Jawa Barat dengan skor 2-4.

Apakah kali ini Jawa Barat akan kembali menang? Atau justru Sulsel berhasil membalaskan dendam mereka?

"Tim yang luar biasa. Saya sangat salut dengan mereka. Laga final pasti berlangsung sulit. Sulsel merupakan tim yang penuh dengan kejutan. Mereka lolos lewat Pra PON. Perlahan tapi pasti, akhirnya Sulsel melaju ke final," ujar pelatih tim sepakbola Jawa Barat, Lukas Tumbuan.

Menghadapi Sulsel, Lukas mengaku pusing menyusun skuat utamanya. Dia merasa harus berhati-hati dalam menentukan siapa saja yang masuk dalam starting XI.

Namun, Lukas menegaskan, akan menerapkan kebijakan rotasi pemain di duel kontra Sulsel.

"Jika Anda lihat, saya selalu memainkan susunan yang berbeda di setiap laga. Saya baru pertama kali tangani tim di turnamen yang cuma punya jeda pertandingan selama sehari. Pusing sekali, pusing. Jadi, saya harus memikirkan dengan matang siapa saja pemain yang akan turun di final," kata Lukas.

Final sepakbola Jawa Barat bakal digelar pada Rabu 28 September 2016. Duel ini dihelat di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya