Peran Baru Ronaldo dan Bale di Real Madrid

Bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, dan Gareth Bale.
Sumber :
  • Reuters/Kai Pfaffenbach

VIVA.co.id – Penampilan Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale saat membela Real Madrid menghadapi Borussia Dortmund, di matchday 2 Liga Champions, Selasa, 27 September 2016 atau Rabu dini hari WIB, tak seperti biasanya. Kedua pemain tersebut bermain lebih rajin membantu pertahanan ketimbang di sisi lapangan musuh.

Mikel Arteta Menolak Panik, Yakin Arsenal Bakal Bangkit

Selama ini, Ronaldo dan Bale dikenal sebagai pemain termalas di Madrid. Mereka memang punya ketajaman saat menyerang. Namun, ketika diminta untuk membantu pertahanan, Ronaldo dan Bale jarang turun ke lini belakang.

Dalam laga kontra Dortmund, Ronaldo dan Bale tampil beda. Mereka kerap turun dan melakukan sejumlah penyelamatan penting saat Madrid diserang.

Liverpool Tersingkir dari Liga Europa Saat Bayer Leverkusen Melaju ke Semifinal

WhoScored melansir, Ronaldo melakukan satu kali tekel demi memenangkan perebutan bola. Dia juga sempat melakukan clearance dan blok sebanyak satu kali. Nilai Ronaldo dalam bertahan pun dianggap sangat baik, 8,30.

Bale punya statistik yang lebih rendah. Tapi, setidaknya dia punya andil saat Madrid membangun pertahanan.

5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?

Pemain asal Wales tersebut sempat memotong operan dan clearance, masing-masing sekali. Rating Bale dalam bertahan memang lebih rendah dari Ronaldo, 6,66.

Seperti dikutip Marca, peran yang diberikan kepada Ronaldo dan Bale di laga kontra Dortmund, sedikit diubah oleh pelatih Zinedine Zidane. Ronaldo dan Bale diminta Zidane untuk menunggu di sektor tengah.

Saat ada kesempatan melepaskan serangan balik, para gelandang Los Blancos pun memberikan umpan terobos kepada Ronaldo dan Bale. Dengan begini, Ronaldo dan Bale bisa berlari sekencang-kencangnya demi menusuk ke pertahanan Dortmund.

Pola ini terbukti berhasil membobol gawang Dortmund. Gol pertama Madrid, yang dicetak Ronaldo, lahir usai Madrid melepaskan serangan balik. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya