TUTUP
TUTUP
VIVABOLA

Ketika Cruyff Selamatkan Nasib Guardiola

Guardiola nyaris dibuang Barcelona.
Ketika Cruyff Selamatkan Nasib Guardiola
Pep Guardiola (kiri) saat masih menjadi pemain Barcelona. (Offside - Marca)

VIVA.co.id – Legenda Belanda dan Barcelona Johan Cruyff memang telah tiada. Namun masih banyak kisah dan cerita menarik di sepanjang kariernya.

Salah satunya adalah saat dia menyelamatkan karier Pep Guardiola. Itu diungkapkan dalam buku otobiografi sang legenda yang diterbitkan di tengah pekan ini. 

Sebelum menjadi bintang Barcelona, siapa kira kalau Guardiola saat masih muda nyaris dibuang dari Camp Nou. Sebab dia tidak memiliki kriteria yang sesuai harapan klub.

"Barcelona ingin menyingkirkan Guardiola. Pihak klub menganggap dia terlalu kurus, buruk dalam bertahan dan duel udara," kata Cruyff dalam autobiografi dilansir Marca, Minggu 2 Oktober 2016.

"Jika tidak ada saya, Guardiola mungkin sudah dijual ke klub divisi dua Spanyol," lanjut Cruyff yang pernah menjadi pelatih Barcelona dari tahun 1988 hingga 1996 itu.

Cruyff juga mengungkapkan, dia menasihati Guardiola sebelum menjadi pelatih Barcelona pada 2008. Nasihat itu dijalani Guardiola yang membuatnya menjadi pelatih yang tegas.

"Saya beritahu dia segalanya. Anda harus menjadi bos, sosok yang mengambil keputusan dan siap menerima konsekuensi. Dan Guardiola mengikuti nasihat saya," katanya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP