TUTUP
TUTUP
VIVABOLA

Gol Hoki Arsenal Terus Jadi Perdebatan

Sangat kontroversial, karena banyak keputusan wasit yang salah.
Gol Hoki Arsenal Terus Jadi Perdebatan
Gol kontroversial Laurent Koscielny (Sky Sports)

VIVA.co.id – Gol kemenangan Arsenal atas Burnley yang dibuat Laurent Koscielny, Minggu 2 Oktober 2016, terus jadi perdebatan di antara pemain dan pengamat. Sangat kontroversial, karena kemungkinan ada keputusan wasit yang salah saat mengesahkan gol.

Dilansir dari Mirror, 3 Oktober 2016, umpan silang Alexis Sanchesz di masa tambahan waktu, mendapat sentuhan dari Theo Walcott ke arah gawang, di mana Alex Oxlade-Chamberlain dan Koscielny berusaha memberi sentuhan akhir untuk menjebol gawang Burnley.

Masalah pertama, Koscielny ada dalam posisi offside, sehingga wasit semestinya menyatakan tak terjadi gol, jika bek Arsenal itu menyentuh bola. Kedua, lengan Koscielny terangkat, dan menyentuh bola yang berarti sebuah pelanggaran.

Perdebatan terjadi, dengan pertanyaan apakah Oxlade-Chamberlain menyentuh bola lebih dahulu. Jika iya, maka Koscielny harus dinyatakan offside saat memberi sentuhan akhir. "Anda akan tahu lebih baik dari kami gol siapa itu," kata Koscielny.

Koscielny mengakui bola mengenainya dan Oxlade-Chamberlain. "Bola mengenai kami berdua pada saat tertentu, tapi itu tidak penting, dan kami berhasil memasukkannya. Itu salah satu kemenangan terbesar musim ini bagi kami pastinya," kata Koscielny.

Menjawab tentang kemungkinan handball, Koscielny mengatakan berusaha menendang bola dengan kaki kanan, tapi tidak melihat arah bola dan tidak tahu apakah tangannya menyentuh bola. Dia pada akhirnya berusaha berlindung di balik keputusan wasit.

"Wasit mengesahkan gol, dan Anda harus menghormati keputusan wasit," ujarnya. Mantan penyerang legendaris the Gunners, Thierry Henry, bersikeras bahwa bola tidak menyentuh Oxlade-Chamberlain, sehingga Koscielny tidak dalam posisi offside, tapi mengatakan bola memang mengenai tangannya.

Manajer Burnley Sean Dyche, menambah satu poin baru untuk menambah kontroversi, bahwa wasit semestinya sudah meniup peluit berakhirnya pertandingan, sebelum gol terjadi. "Anda harus mempertanyakan waktu tambahan yang diberikan," katanya.

"Sepak pojok, dan apakah itu layak jadi gol, handball, itu cara yang buruk untuk mengakhiri pertandingan. Kami kecewa, tapi dapat berbesar hati dengan performa tim," kata Dyche. Dia pantas memuji para pemainnya, yang sukses mengimbangi Arsenal selama lebih dari 90 menit.

Mantan wasit Premier League Mark Halsey, menegaskan bahwa gol itu tidak sah. Craig Pawson yang memimpin laga Arsenal dan Burnley, juga asisten wasit, disebutnya dapat melihat dengan jelas insiden yang terjadi dan tidak semestinya mengesahkan gol.

Bos Arsenal mengakui ada keberuntungan, dengan gol yang dibuat para pemainnya. Dia mengaku tidak melihat Koscielny menyentuh bola dengan tangan, bahkan tidak tahu jika bola masuk ke gawang. "Mungkin kami beruntung," katanya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP