TUTUP
TUTUP
VIVABOLA

Mereka yang Bisa Kalahkan Guardiola Lebih dari Satu Kali

Manajer Spurs, Mauricio Pochettino jadi nama terbaru di daftar.
Mereka yang Bisa Kalahkan Guardiola Lebih dari Satu Kali
Pep Guardiola, manajer Mancheser City (Reuters / Darren Staples )

VIVA.co.id – Kemenangan Tottenham Hotspur atas Manchester City bukan hanya berarti pasukan The Lilywhites (julukan Spurs) meraih tiga angka. Ada fakta lain yang hadir dari kemenangan tersebut.

Dengan takluknya ManCity di White Hart Lane, itu menjadi laga pematah rekor tak terkalahkan The Citizens di semua ajang musim ini. Sebelumnya ManCity menyapu kemenangan di enam pertandingan Premier League, dua kali menang dan satu kali imbang di Liga Champions serta satu kemenangan atas Swansea di ajang Piala Liga Inggris.

Catatan lainnya datang dari sang manajer, Mauricio Pochettino. Dia menjadi manajer kedelapan yang mengalahkan Guardiola lebih dari satu kali. Pertama kali Pochettino dan Guardiola berjumpa pada tahun 2009.

Pochettino kala itu masih membesut Espanyol dan Guardiola menjadi nakhoda Barcelona. Hasilnya, Espanyol racikan Pochettino sukses mengalahkan El Barca dengan skor 3-2 di Camp Nou.

Lalu, siapa saja tujuh manajer lain yang pernah mengalahkan Guardiola lebih dari satu kali?. Berikut daftar manajer tersebut:

1. Juergen Klopp (8 pertandingan, Menang 4, Kalah 4)
Saat masih melatih Borussia Dortmund, Klopp berjumpa Guardiola sebanyak delapan kali dan memenangkan setengah dari total pertemuan, termasuk kemenangan 3-0 atas Bayern Muncih, dua tahun lalu.

Klopp menjadi manajer yang mengantongi kemenangan terbanyak dari tujuh manajer lainnya. Mereka akan bertemu kembali pada bulan Desember.

2. Jose Mourinho (17 pertandingan, Menang 3, Imbang 5, Kalah 9)
Kedua manajer ini punya sejarah rivalitas yang panjang sejak keduanya berkarier di La Liga. Pertemuan terakhir mereka dimenangkan Guardiola di Derby Manchester.

Kemenangan pertama Mourinho atas Guardiola terjadi pada tahun 2010 kala Inter Milan mengalahkan Barcelona 3-0 di Liga Champions sebelum mengamankan dua kemenangan berikutnya bersama Real Madrid.

3. Arsene Wenger (8 pertandingan, Menang 2, Imbang 2, Kalah 4)
Meski kekalahan Wenger lebih banyak dari kemenangan dari Guardiola. Namun manajer asal Prancis tersebut memiliki sejarah pribadi sebagai manajer pertama yang mengalahkan Barcelona dan Bayern Munich di Liga Champions.

4. Carlo Ancelotti (2 pertandingan, Menang 2)
Don Carlo menjadi satu-satunya pelatih yang punya rekor 100 persen kemenangan melawan Guardiola. Salah satu laga yang dimenangkannya adalah kala berjumpa di salah satu laga pramusim, sedangkan satu kemenangan lainnya saat semifinal Liga Champions.

5. Manuel Pellegrini (11 pertandingan, Menang 2, Imbang 1, Kalah 8)
Guardiola memang menggeser Pellegrini dari kursi manajerial ManCity, namun tetap eks pelatih Malaga tersebut punya catatan mengalahkannya dua kali. 

6. Markus Weinzierl (7 pertandingan, menang 2, kalah 5)
Mantan pelatih Ausburg ini mengakhiri 53 rekor tak terkalahkan Bayern Munich dengan kemenangan 1-0 di tahun 2014. Itu pertama kalinya Augsburg mengalahkan Bayern sejak 1961. Weinzierl kemudian mengulangi dengan skor yang sama di musim berikutnya, kali ini di Allianz Arena.

7. Dieter Hecking (8 pertandingan, menang 2, kalah enam)
Sebagai manajer Wolfsburg, Hecking menang atas Guardiola dua kali. Pertama, saat menang 4-1 di Januari 2015 dan kemenangan lainnya datang hanya seminggu kemudian ketika dia mengalahkan Bayern di ajang Piala Super Jerman lewat drama adu penalti.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP