Manajer Terbaik Versi Pep Guardiola

Manajer Manchester City, Pep Guardiola.
Sumber :
  • Reuters / Russell Cheyne

VIVA.co.id – Manajer Manchester City, Pep Guardiola rupanya menyimpan kekaguman kepada legenda asal Belanda, Johan Cruyff. Menurutnya, eks juru taktik Barcelona pada musim 1988 hingga 1996 tersebut merupakan yang terbaik sepanjang sejarah sepakbola.

Real Madrid Jawab Penilaian Buruk Pep Guardiola soal Bernabeu

Cruyff menjadi salah satu pemain yang dianggap mempopulerkan gaya total football di lapangan hijau. Saat itu, dia menjadi kapten timnas Belanda yang sukses melangkah hingga ke babak final Piala Dunia 1974.

Guardiola mengaku terinspirasi dengan gaya kepemimpinan Cruyff. Sehingga dia merasa, pria yang baru saja meninggal dunia karena penyakit kanker paru-paru meninggalkan ilmu yang luar biasa bagi perkembangan sepakbola modern.

Pesan Pep Guardiola ke Real Madrid: Bukan soal Permainan, Tapi Tolong Benahi Hal Ini

"Sebagian besar orang-orang berpikir manajer terbaik ialah mereka yang bisa memberi banyak gelar juara, tetapi itu salah besar. Yang terpenting adalah seberapa besar inspirasi yang diberikannya kepada generasi berikutnya dan para pemain," ujarnya seperti dilansir Sportsmole.

"Inspirasi dai Johan sangat luar biasa, dan sangat besar. Kami mencoba untuk mengikuti apa yang diberikannya kepada kami. Itu tidak bisa dibandingkan dengan seorang pun, karena dia spesial," imbuh pria berusia 45 tahun tersebut.

Real Madrid Vs Man City, Apa Kata Pep Guardiola?

Cruyff memilih gantung sepatu pada tahun 1984 lalu. Kemudian dia mencoba karier kepelatihan di akademi Ajaz Amsterdam. Tak berselang lama, dia dipromosikanuntuk melatih tim senior selama 3 musim hingga akhirnya berlabuh di Camp Nou.

"Manajer terbaik memenangkan banyak gelar juara bersama klub dan pemain besar. Ketika anda melatih Barcelona, Real Madrid, Juventus, anda dapat memenangkan gelar juara," tutur Guardiola. "Tetapi tidak semua pelatih, manajer, benar-benar bisa menjadi inspirator, dan dia (Cruyff) melakukannya kepada kami semua."

Manajer Manchester City, Pep Guardiola

Tekad Pep Guardiola Bawa Man City Sabet Treble Lagi

Pep Guardiola mengatakan bahwa Manchester City berpeluang meraih treblet pada musim ini setelah merebut posisi puncak klasemen dari Arsenal usai menang 5-1 atas Luton.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024