Torehan Tinta Emas Klopp di Tahun Pertama Bersama Liverpool

Manajer Liverpool, Juergen Klopp
Sumber :
  • Reuters / John Sibley

VIVA.co.id – Sulit rasanya untuk tidak mengakui andil manajer Liverpool, Juergen Klopp terhadap peningkatan performa klub. Tangan dinginnya sukses membuat klub berjuluk The Reds tersebut menjadi salah satu kandidat juara Premier League musim ini.

Prediksi Premier League: Fulham vs Liverpool

8 Oktober ini menjadi penanda setahun sudah Klopp manjadi nakhoda Liverpool. Dia ditunjuk manajemen Liverpool untuk menggantikan posisi manajer sebelumnya, Brendan Rodgers, yang dianggap kurang mampu membawa Liverpool kembali ke masa jaya.

Lalu, apa yang diraih Klopp selama setahun?. Faktanya, manajer asal Jerman ini menjadikan Liverpool sebagai tim yang beringas dan lapar akan kemenangan, terlihat dari statistik yang dilansir transfermarkt.

Defisit 3 Gol, Liverpool Ingin Bikin Keajaiban Comeback di Markas Atalanta

Dalam setahun, Klopp telah memimpin 61 laga. Hasilnya, dia membawa skuatnya meraih 30 kemenangan, 18 imbang dan 13 kekalahan.

Bila dihitung rata-rata, Liverpool meraih 1,77 poin per laga dalam semusim. Angka ini terbilang tinggi karena saat melatih Borussia Dortmund, dia meraih rata-rata 1,90 poin dari 318 pertandingan.

Bikin Quattrick Lawan Everton, Cole Palmer Sejajar Erling Haaland dalam Daftar Top Skor

Dalam kurun setahun ini, Klopp telah memainkan seluruh pertandingan dengan 45 pemain berbeda di Premier League. Dari jumlah sebanyak itu, Liverpool rata-rata mencetak 1,97 gol per laga dan rata-rata kebobolan 1,25 gol.

Untuk merayakan setahun rezim Klopp, lewat akun Twitter resmi klub, Liverpool mengunggah foto sang manajer yang dilengkapi caption "#OnThisDay last year, Juergen Klopp became our manager!". Dari tujuh pekan Premier League, The Reds berada di peringkat empat klasemen sementara dengan 16 poin.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya