Guardiola Lebih Baik Jadi Marketing Ketimbang Pelatih

Manajer Manchester City, Pep Guardiola
Sumber :
  • Reuters / Eddie Keogh

VIVA.co.id – Josep "Pep" Guardiola hebat dalam urusan membangun reputasi pribadi dan klub, tapi Carlo Ancelotti adalah pelatih yang lebih baik darinya. Pendapat tersebut diutarakan mantan pelatih Real Madrid, Vanderlei Luxemburgo.

Mikel Arteta Menolak Panik, Yakin Arsenal Bakal Bangkit

Bahkan, Luxemburgo mengklaim kalau Guardiola lebih baik jadi seorang marketing klub ketimbang menjadi juru taktik. Don Carlo (julukan Ancelotti) menjadi sosok pelatih ideal di mata Luxemburgo.

Pelatih Madrid di tahun 2005 itu melihat keberhasilan Pep sebagai pelatih didasarkan pada materi pemain yang sudah ada dalam timnya. Dengan kata lain Pep hanya tinggal menyusun pemain yang berlevel kelas wahid.

Ian Wright Sebut 2 Pemain Ini Dibutuhkan Arsenal untuk Taklukkan Bayern Munich, Siapa Mereka?

"Pep Guardiola lebih baik di bagian pemasaran tim sebagai seorang marketing ketimbang menjadi pelatih. Dia memenangkan gelar bersama Barcelona, tapi Luis Enrique juga melakukan hal yang sama," ujar Luxemburgo kepada Four Four Two.

"Pep kemudian melatih Bayern Munich, dia mempersiapkan segalanya, dia belajar bahasa baru, tapi dia tidak mendapat apa yang sudah diraih Jupp Heynckes, seorang pelatih yang memenangkan Treble Winner di usianya yang ke-70. Sedangkan Ancelotti, memenangkan Liga Champions di Milan dan Madrid. Jika Guardiola ingin membuktikan sebagai yang terbaik, dia harus membawa Manchester City juara Liga Champions," ujarnya.

Buang Kutukan 0 Trofi, Harry Kane Harus Bawa Bayern Munich Juara Liga Champions

Vanderlei Luxemburgo da Silva adalah seorang pelatih senior yang sudah menggeluti dunia manajerial sejak tahun 1983. Selain Madrid, beberapa klub top Brasil pernah dilatihnya, seperti Palmeiras, Santos, Atletico Mineiro dan Corinthians. Dia juga sempat menangani timnas Brasl periode 1998 sampai 2000.
 

Mantan Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane.

Zinedine Zidane Pilih Manchester United Ketimbang Bayern Munich

Mantan pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane lebih memilih melatih Manchester United ketimbang harus menangani Bayern Munich.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024