Sebelum Wafat, Maulwi Saelan Sempat Saksikan Timnas Berlaga

Maulwi Saelan
Sumber :
  • Satria Permana/VIVAbola

VIVA.co.id – Maulwi Saelan sudah pergi untuk selamanya. Namun, catatan emas mantan penjaga gawang Timnas Indonesia era 1950an ini akan terus hidup sepanjang masa.

Pupuk Kaltim Perang Bintang: Legenda PKT Bontang Vs Borneo FC

Maulwi meninggal dunia di usia 90 tahun, Senin 10 Oktober 2016 WIB. Sosok yang juga anggota militer berpangkat Kolonel CPM ini meninggalkan seorang istri dan enam orang anak.

Ada kisah unik sebelum kepergian Maulwi. Dia sempat menyaksikan laga uji coba Timnas Indonesia kontra Malaysia, September lalu. Padahal, kala itu dia sudah tergolek lemas karena sakit.

Duel Legenda PKT Bontang Vs Borneo FC dan Coaching Clinic Meriahkan HUT Pupuk Kaltim

Diceritakan putra bungsunya, Asha Saelan, Maulwi menyaksikan saat Indonesia menggasak Negeri Jiran 3 tanpa balas. Saat itu, Maulwi tengah dirawat di Rumah Sakit Pondok Indah.

"Bapak semangat sekali waktu itu. Dia juga sempat berteriak walau suaranya enggak terlalu keras. Melihat pertandingan itu, bapak bilang sama saya kalau pemain Timnas saat ini sudah oke. 'Tinggal dipertahankan saja ini', kata bapak," ujar Asha.

Menang Banyak, I Made Wirawan Tukar Jersey dengan Legenda Dortmund

"Tapi, pas babak kedua mungkin beliau sudah lelah, jadi beliau tertidur," sambungnya.

Aksi Ramang di duel Indonesia versus Uni Soviet pada Olimpiade 1956 silam

Ketika Taktik Parkir Bus Timnas Indonesia Bikin Frustrasi Raksasa Eropa

Catatan sejarah sempat dibuat Timnas Indonesia di Olimpiade 1956 di Melbourne, Australia. Indonesia mampu menahan imbang Uni Soviet yang kala itu menjadi kekuatan Eropa.

img_title
VIVA.co.id
13 Januari 2024