Xavi Dukung Niat Pique Pensiun dari Timnas Spanyol

Xavi Hernandez dan Gerard Pique saat masih di Barcelona.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Gerard Pique mengungkapkan niatnya mundur dari tim nasional Spanyol usai tampil di Piala Dunia 2018 mendatang. Keinginan tersebut muncul usai dia mendapat terpaan kritik dari publik Negeri Matador.

Sesumbar Bek Barcelona, Sanggup Cetak 20 Gol Semusim

Kritik datang kepadanya karena satu hal kecil, yakni menggunting jersey saat hendak berhadapan dengan Albania dalam Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa. Karena tindakan itu, motif bendera Spanyol yang terdapat di lengan Pique menjadi tidak ada.

(Baca juga: Mundur dari Timnas Spanyol, Pique Dinilai Berani)

Terkuak, Pengkhianatan Pique di Balik Kepergian Messi dari Barcelona

Publik melihat hal itu sebagai gambaran dari ideologi pemain berusia 29 tahun tersebut yang sejak lama mendukung kemerdekaan Catalunya dari Spanyol. Namun, tudingan itu amat berlawanan dengan fakta sebenarnya.

Federasi Sepakbola Spanyol (RFF), dalam siaran persnya, menyebut tindakan Pique menggunting jersey karena alasan kenyamanan. Awalnya dia berencana menggunakan jersey lengan panjang, kemudian ketika pertandingan akan berlangsung dia mengubahnya.

Gerard Pique Bongkar Kebobrokan di Manajemen Barcelona

Sebagai rekan senior ketika masih bersama-sama di Barcelona, Xavi Hernandez menaruh banyak simpati. Menurutnya, keinginan Pique untuk pensiun dari Tim Matador sudah tepat dan memiliki alasan kuat.

(Baca juga: Cap Separatis Terhadap Pique oleh Publik Spanyol Berlanjut)

"Pique menganggap semua itu serius, dan setiap yang dikatakan menyiratkan dia sudah lelah dan tak ingin semua ini berlanjut. Ini adalah keputusan tepat," kata Xavi seperti dilansir Marca.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya