Brasil Kalahkan Venezuela dan Geser Uruguay

Pemain Brasil rayakan kemenangan atas Venezuela
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Brasil sukses meraih kemenangan 20 atas Venezuela, dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 di Estadio Olimpico Metropolitano de Merida, Rabu pagi 12 Oktober 2016. Gabriel Jesus dan Willian mencetak masing-masing satu gol, dalam laga yang diwarnai insiden mati lampu.

Pelatih Timnas Brasil Peringatkan Real Madrid soal Endrick

Tanpa diperkuat Neymar, Brasil tetap menunjukkan ketajaman. Kerja sama skuat Tite berjalan sangat baik untuk menciptakan banyak peluang, seperti yang diperlihatkan saat mereka pesta gol melawan Bolivia. Gabriel Jesus yang memimpin lini depan, membuat baris pertahanan Venezuela berantakan.

Setelah sukses menahan imbang Argentina 2-2 September lalu, tim Rafael Dudamel dilumat Uruguay 0-3 dan tampak bakal menderita kekalahan serupa pagi ini. Delapan menit laga berjalan, mereka pun sudah tertinggal 0-1 dengan gol yang dibuat Gabriel Jesus.

Hasil Lengkap: Timnas Portugal Keok dengan Ronaldo, Hujan 6 Gol Spanyol Vs Brasil

Calon pemain Manchester City, itu memanfaatkan blunder Daniel Hernandez saat berusaha membuang bola. Tertinggal satu gol, Venezuela masih berusaha bermain terbuka dan coba menguasai permainan, tapi malah dinikmati oleh Brasil yang siap dengan serangan balik.

Venezuela seperti kesulitan menahan gerakan para pemain Brasil, dan beberapa kali terpaksa melakukan pelanggaran. Setidaknya dua kartu kuning dikeluarkan wasit pada babak pertama, karena pelanggaran yang dilakukan Jose Velazquez menit 26 dan Wilker Angel menit 39.

Bintang Manchester United Ini Jalani Debut Bersama Timnas Inggris

Brasil menambah gol di babak kedua. Penyerang sayap Chelsea, Willian menyelesaikan assist dari Renato Augusto dengan baik di menit 53. Namun, insiden mengejutkan terjadi 13 menit kemudian, ketika pencetak gol kedua Brasil, itu keluar dari lapangan dan menabrak papan iklan.

Willian dapat melanjutkan pertandingan, setelah menjalani pemeriksaan dari tim medis. Tapi, insiden kembali terjadi pada menit 75, di mana lampu sorot yang menerangi lapangan tiba-tiba padam. Pertandingan pun harus dihentikan sementara, dan butuh sekitar 20 menit sebelum laga dimulai kembali.

Belum ada penjelasan resmi, mengapa lampu stadion mati tak lama setelah tuan rumah tertinggal dua gol. Permainan Brasil tampak sedikit berbeda, setelah laga dimulai kembali. Venezuela tampak bisa mencetak gol balasan, ketika Josef Martinez dijatuhkan Marquinhos di kotak penalti.

Wasit menyatakan tak terjadi pelanggaran, dan meminta laga diteruskan. Kesempatan terbaik Venezuela datang di menit 89, saat Salomon Rondon memperoleh umpan silang di depan gawang. Namun, tandukan pemain West Bromwich Albion, itu masih bisa ditepis Alisson hingga hanya melayang di atas mistar gawangnya.

Tidak ada lagi gol tercipta, hingga tambahan waktu tiga menit berakhir. Brasil sukses meraih tiga poin, yang membuat mereka kini naik ke puncak klasemen sementara zona CONMEBOL dengan 21 poin, menggeser Uruguay yang ditahan imbang Kolombia pada pertandingan lainnya.

Susunan Pemain

Venezuela: Daniel Hernandez, Roberto Rosales, Rolf Feltscher, Jose Velazquez, Wilker Angel, Tomas Rincon, Arles Flores (Yangel Herrera,84) , Juan Anor (Alejandro Guerra,60) , Salomon Rondon, Josef Martínez, Adalberto Penaranda (Romulo Otero,73)

Brasil: Alisson, Joao Miranda, Dani Alves, Filipe Luis, Marquinhos, Willian (Taison,89), Renato Augusto, Fernandinho, Paulinho, Philippe Coutinho (Correia Giuliano,83), Gabriel Jesus

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya