TUTUP
TUTUP
VIVABOLA

Ini Peraturan yang Wajib Diikuti Fans MU & Liverpool

Risiko perkelahian antara pendukung kedua tim sangat besar.
Ini Peraturan yang Wajib Diikuti Fans MU & Liverpool
Laga Liverpool Vs Manchester United. (ibtimes)

VIVA.co.id – Jika dua tim dengan rivalitas tinggi bertemu, tentu akan besar kemungkinan terjadi hal-hal merugikan yang dibuat oleh masing-masing fans. Begitu pun jelang pertandingan "panas" di Premier League pekan kedelapan.

Selasa dini hari, akan tersaji North West Derby yang mempertemukan Liverpool dan Manchester United. Dalam pertemuan pertama musim ini, Anfield akan menjadi venue pertandingan.

Sebelum laga dimulai, dibuat peraturan yang ditujukan untuk kedua pendukung. Yakni, mereka dilarang menyanyikan yel-yel tim yang berkaitan dengan tragedi kemanusiaan.

Bagi fans Liverpool, mereka dilarang keras menyanyikan chants yang menyindir tragedi Munich Air Disaster. Sebuah kecelakaan pesawat di tahun 1958, yang menewaskan banyak pemain MU saat itu.

Sedangkan untuk fans MU, tidak diperbolehkan menyanyikan yel-yel yang menyinggung tragedi Hillsborough. Tragedi ini terjadi pada tahun 1989.

Tragedi Hillsborough adalah tragedi yang mengakibatkan kematian para penonton sepakbola, karena saling berjejalan pada tanggal 15 April 1989 di Hillsborough, yang menjadi kandang dari Sheffield Wednesday di kota Sheffield, Inggris. Peristiwa tersebut mengakibatkan 96 orang meninggal dunia, yang semuanya adalah pendukung Liverpool.

"Kedua tim punya rivalitas besar, dan kami akan meminta fans untuk menghormati dan tidak bertindak diskriminasi saat laga berlangsung. Jika ada fans yang tertangkap kamera melanggar, kami akan mengusirnya, menangkap, dan diproses sesuai regulasi," kata salah seorang keamanan, kepada The Sun.

"Ini adalah pertandingan paling besar di setiap agenda Premier League. Kami berterima kasih kepada semua fans atas dukungan mereka untuk keamanan pertandingan," ujarnya.

Fans MU menyanyikan chants dengan nada sindiran terhadap tragedi Hillborough pada Maret lalu. Tepatnya, saat kedua tim bertemu di ajang Liga Europa.

Dan, fans Liverpool juga menyanyikan yel-yel Munich Air Disaster pada pertemuan berikutnya di Old Trafford. Alhasil, Liverpool dikenakan denda sebesar £30 ribu oleh UEFA, serta denda £13 ribu akibat menyalakan kembang api dan melempar benda ke lapangan.

Fans MU juga pernah mendapat hukuman, akibat melempar benda ke dalam lapangan. Mereka juga mendapat hukuman dari pihak Kepolisian, karena membentangkan spanduk bertuliskan nada provokasi yang digantung di sebuah jembatan, tempat yang dilalui fans Liverpool jika hendak ke Old Trafford. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP