John Stones, Titisan 'Si Tendangan Gledek' dari Belanda

Bek Manchester City, John Stones
Sumber :

VIVA.co.id – Transfer John Stones dari Everton ke Manchester City telah menarik perhatian banyak pihak. Bagaimana tidak, ManCity menebus Stones dengan harga yang tak masuk akal.

Tekad Pep Guardiola Bawa Man City Sabet Treble Lagi

ManCity berani menggelontorkan uang hingga £47, 5 juta atau setara Rp755 miliar. Dengan demikian, Stones dinobatkan sebagai bek termahal sepanjang sejarah sepakbola Inggris.

Pertanyaan dari berbagai kalangan pun muncul. Mereka merasa heran mengapa ManCity berani membayar mahal Stones.

Real Madrid Jawab Penilaian Buruk Pep Guardiola soal Bernabeu

Akhirnya, Manajer ManCity, Pep Guardiola, angkat bicara terkait keberanian timnya menebus Stones dengan harga mahal. Guardiola menyebut bakat Stones terbilang luar biasa.

Sebagai seorang bek tengah, Stones dianggap memiliki kemampuan yang komplet. Kontrol bola, ketenangan, kecerdasan dan visi bermain, serta kemampuan memberikan umpan yang dimiliki pemain 22 tahun tersebut berada di atas rata-rata.

Pesan Pep Guardiola ke Real Madrid: Bukan soal Permainan, Tapi Tolong Benahi Hal Ini

Guardiola pun berani menyebut bahwa Stones merupakan titisan dari legenda Barcelona dan Timnas Belanda yang saat ini menangani Everton, Ronald Koeman.

Sosok Koeman memang dikenal sebagai bek papan atas di Benua Biru pada era 1980 hingga 1990-an. Dia dikenal sebagai bek yang punya kemampuan tendangan serta umpan yang bagus. 

Julukan 'Si Tendangan Gledek' melekat kepadanya lantaran kerap mencetak gol lewat sepakan keras dari skema bola mati atau jarak jauh. Koeman juga sering mencetak gol lewat kepalanya.

"Bek tengah biasanya tinggi, unggul duel udara, biasa menjaga pemain, dan tentu saja kami butuh karakter seperti itu. Tapi, ada keuntungan yang didapat jika mereka punya kualitas bermain yang baik," kata Guardiola seperti dilansir Manchester Evening News.

"John mirip dengan Ronald. Terlebih mentalnya. Dia selalu ingin bermain di bawah tekanan. John bisa menguasai bola ketika ditekan. Sementara, Ronald punya umpan panjang yang bagus, terbaik sepanjang masa sebagai seorang bek. Tapi, John masih bisa berkembang," lanjutnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya