TUTUP
TUTUP
VIVABOLA

Chelsea Belum Kalahkan MU dalam Persaingan Kontrak Sponsor

Kontrak yang didapat Chelsea sekilas terlihat lebih besar.
Chelsea Belum Kalahkan MU dalam Persaingan Kontrak Sponsor
Pendukung Chelsea mengibarkan bendera di Stamford Bridge (Reuters)

VIVA.co.id – Chelsea memutus kontrak dengan Adidas pada musim panas, dan telah membuat kesepakatan baru dengan Nike senilai £900 juta. Kabar dari Stamford Bridge, itu seolah memperlihatkan bahwa the Blues telah mengalahkan nilai kontrak Manchester United dengan Adidas, yang bernilai £750 juta.

Namun, dikutip dari Inside World Football, Selasa, 18 Oktober 2016, kontrak yang didapat Chelsea dari Nike sebenarnya masih jauh lebih rendah. Kontrak senilai £900 juta mengikat Chelsea selama 15 tahun, atau hanya £60 juta per tahun.

Manchester United mendapatkan £750 juta untuk 10 tahun, atau £75 juta per tahun yang telah berjalan sejak 2014. Sementara, kontrak sponsor terbesar masih menjadi milik Real Madrid, yang memperoleh £106 juta per tahun dari Adidas.

Kontrak besar juga diperkirakan didapat Barcelona dari Nike. Chelsea memang belum dapat mengalahkan Manchester United, Real Madrid, dan Barcelona. Tapi kontrak dari Nike dianggap signifikan jika dibandingkan dari nilai komersial Chelsea, yang masih lebih kecil dibandingkan tiga klub lainnya.

Barcelona, Real Madrid, dan Manchester United adalah tiga klub yang jauh lebih besar ketimbang Chelsea, merujuk pada jumlah suporter klub di seluruh dunia. Merujuk fakta itu, kontrak sebesar £900 juta dianggap merupakan komitmen sangat besar dari Nike pada Chelsea.

"Chelsea adalah klub kelas dunia dengan tradisi yang panjang, dan fans setia di seluruh dunia. Kemitraan dengan Chelsea memperkuat kepemimpinan kami di sepakbola. Kami senang untuk bantu mengembangkan capaian global Chelsea, melayani pemain dan suporter dengan inovasi dan desain Nike," kata Presiden Nike Trevor Edwards.

Keputusan bisnis yang dibuat Chelsea, bakal menguntungkan jika Chelsea tetap menjadi pemain utama di pentas dunia dalam 15 tahun ke depan. Namun, saat ini prestasi Chelsea tampak masih sulit untuk bangkit, dengan kegagalan musim lalu, yang membuat mereka tak dapat berlaga di Liga Champions. (ase)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP