5 Bintang Timnas Hasil Besutan Tangan Dingin Riedl

Pelatih Tim nasional Indonesia, Alfred Riedl
Sumber :
  • ANTARA/Puspa Perwitasari

VIVA.co.id – Sejumlah nama baru diketahui masuk daftar 40 pemain Timnas Indonesia yang disiapkan menuju gelaran Piala AFF 2016 Myanmar-Filipina. Adapun 40 nama pemain ini telah didaftarkan oleh PSSI ke ASEAN Football Federation (AFF) untuk tampil di ajang bergengsi sepakbola se-Asia Tenggara tersebut. 

Piala AFF Ganti Nama, Catat Tanggalnya! Timnas Indonesia Pecah Telur Tahun Ini?

Dalam rilis yang dikeluarkan PSSI, Minggu 23 Oktober 2016, sederet pemain muda juga tampak menghiasi skuat bayangan yang dibesut Alfred Riedl tersebut. Sejumlah nama ini merupakan hasil pengamatan Riedl, yang dilakukannya dari beberapa kali tahap pemusatan latihan (training center/TC).

Para penggawa muda seperti Bayu Pradana, Septian David Maulana (Mitra Kukar), Ricky Fajrin Saputra (Bali United) dan Rudolof Yanto Basna (Persib) diprediksi akan menjadi bintang baru skuat Garuda di turnamen dua tahunan itu. Sedikit menilik ke belakang, Riedl memang dikenal kerap sukses memunculkan sejumlah sosok baru yang namanya menjulang di kancah sepakbola nasional.

Alasan Pelatih Timnas Australia Mau Ikut Piala AFF

Terhitung sejak pertama kali menangani armada Merah Putih pada Mei 2010, eks juru taktik Vietnam ini berhasil mencuatkan deretan bintang sepakbola nasional lewat racikan tangan dinginnya.

Ajang Piala AFF 2010, di mana Indonesia harus puas hanya menjadi runner-up, barisan pemain potensial Tanah Air langsung menjulang kiprahnya dengan sentuhan apik Riedl.

Shin Tae-yong Tolak Gagasan Timnas Australia Main di Piala AFF

Berikut sejumlah pemain top nasional yang menjadi bintang di era awal kepelatihan Alfred Riedl pada 2010 lalu:

Cristian Gonzales

Christian Gonzales

Pilar naturalisasi asal Uruguay ini langsung menjadi buah bibir saat melakoni debutnya dengan seragam Garuda pada laga uji coba kontra Timor Leste pada 21 November 2010 di Stadion Jakabaring, Palembang.

Dalam laga tersebut El Loco sukses mencetak 2 gol dan mengantarkan Indonesia menang 6-0 dalam duel jelang Piala AFF tersebut. Bomber yang kini merumput di Arema Cronus ini pun kembali mencetak satu gol kala skuat Garuda menundukkan Taiwan 2-0, tiga hari berikutnya. 


Ahmad Bustomi

Timnas Indonesia: Ahmad Bustomi

Gelandang jangkar ini berhasil membawa Arema menjuarai ISL 2010. Karakternya yang tenang dan jago membaca permainan kerap jadi andalan Riedl mengawal lini tengah Indonesia.

Namanya menjulang pada Piala AFF 2010 setelah sebelumnya melakoni debut timnas dalam laga kontra Uruguay yang berkesudahan 1-7 untuk kemenangan Luis Suarez cs di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 8 Oktober 2010.

Zulkifli Syukur

Zulkifli Syukur

Sosok bek sayap yang satu ini sempat jadi tumpuan Riedl dalam masa-masa awal menukangi Timnas. Pemain kelahiran Makassar ini bersama Bustomi juga mengantarkan Arema naik podium juara ISL 2010 lalu.

Dalam kiprah di Piala AFF 2010, Zulkifli mencatatkan debutnya di Timnas dan tampil dalam 7 laga selama ajang tersebut.

Oktovianus Maniani

Oktovianus Maniani

Namanya jadi populer bagi publik Tanah Air lewat aksinya di lapangan yang gesit dan murah senyum. Kecepatan penetrasinya dari sektor sayap selalu menimbulkan kekhawatiran kubu lawan.

Pemain asal Jayapura ini juga turut menyumbang satu gol di Piala AFF ke gawang Laos di laga penyisihan Grup A. Figur Okto bahkan juga sempat merambah sebagai bintang iklan dan berakting di sebuah sinetron.

Irfan Bachdim

Irfan Bachdim

Satu lagi magnet dari timnas Garuda pada Piala AFF 2010, ada pada diri Irfan Haarys Bachdim. Tampang rupawan dan aksi-aksi hebatnya di lapangan menjadikan eks penyerang Persema Malang ini kian berjaya.

Kemampuan yang mudah beradaptasi dengan sejumlah striker lain yang berduet dengannya, membuat sosok Bachdim dapat cocok ditandemkan oleh bomber pilihan Riedl lainnya. Sayang, kiprahnya sempat meredup usai tampil di Piala AFF 2012. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya