Eks Kiper Real Madrid Tegaskan Dirinya 'Masih Ada'

Iker Casillas
Sumber :
  • REUTERS/Andrea Comas

VIVA.co.id – Penjaga gawang FC Porto, Iker Casillas, menegaskan kalau dirinya belum habis. Dia mengklaim siap memperkuat tim nasional Spanyol jika memang diperlukan.

5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?

Kariernya di level klub mengalami penurunan usai "terbuang" dari Real Madrid, Juli 2015 lalu. Padahal dia seorang legenda hidup klub yang bermakas di Santiago Bernabeu tersebut.

Casillas berseragam Los Blancos sejak level akademi di tahun 1990. Sebelum masuk skuat utama Madrid, dia lebih dulu bermain di Real Madrid C dan B.

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Dalam kurun waktu 1999 hingga 2015, sudah banyak gelar bergengsi yang diraih Iker. Dia juga menjadi bagian sejarah klub saat menyabet gelar La Decima pada tahun 2014.

Pun begitu dengan karier di level internasional. Mempekuat timnas Spanyol U-15 pada 1996, kariernya terus menanjak hingga membuat posisinya tak tergantikan di bawah mistar sejak tahun 2000.

Kata Guardiola Usai Manchester City Disingkirkan Real Madrid

Namun, pemain kelahiran 20 Mei 1981 ini mengalami penurunan performa setelah rezim Jose Mourinho berkuasa di Madrid. Mou (sapaan Mourinho) lebih sering menjadikan Casillas sebagai pemain cadangan, tentu ini beimbas pada posisinya di tim nasional.

Belum lagi hubungannya dengan Presiden Madrid, Florentino Perez tak harmonis. Casillas seolah "dibuang" klub secara tidak hormat.

Iker pun akhirnya mendapat yang mau menampungnya. Dia ke Portugal untuk bergabung bersama Porto untuk menyelamatkan karier, namun hal itu tak menolongnya untuk mendapat kepercayaan pelatih timnas Spanyol, Julen Lopetegui.

"Saya belum pensiun dari tim nasional, saya juga tidak mengumumkan bahwa saya pergi. Lopetegui memilih pemain lain dan saya harus menghormati itu. Kami duduk dan kami membicarakannya, kami berteman. Dia memilih (David) De Gea dan dia mendapat dukungan penuh dari saya," kata Iker kepada Soccerway.

"Saya senang dengan kembalinya Pepe Reina. Dia telah memberikan dedikasi luar biasa ke Spanyol. Dia pemain yang membawa pengaruh besar di dalam ruang ganti. Saya telah melangkah ke satu sisi, tapi saya akan selalu tersedia jika mereka memanggil saya. Untuk dapat bermain untuk Spanyol, Anda harus melakukan dengan baik dengan klub, saya selalu mengatakan itu," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya