Kemenangan Besar Portugal dan Rekor Gemilang Ronaldo

Pemain Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo.
Sumber :
  • REUTERS/Pedro Nunes

VIVA.co.id – Kemenangan berhasil diraih Portugal di laga Kualifikasi Piala Eropa 2016 Grup B Minggu 13 November 2016 (Senin dini hari WIB). Juara Piala Eropa 2016 ini menggasak Latvia 4-1 di Estadio Do Algarve.

Terpopuler: Philippe Troussier Mualaf, Timnas Portugal Keok dengan Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo membuka keunggulan Portugal di menit 28, lewat titik penalti. Latvia mampu menyamakan kedudukan di menit 67, lewat gol Arturs Zjuzins.

Setelah itu, tuan rumah mencetak tiga gol lewat aksi William Carvalho (69'), Ronaldo (85'), dan Bruno Alves (90'+2).

Hasil Lengkap: Timnas Portugal Keok dengan Ronaldo, Hujan 6 Gol Spanyol Vs Brasil

Hal ini membuat Portugal melanjutkan tren positif di laga kualifikasi. Setelah takluk 0-2 dari Swiss di laga perdana, Portugal selalu meraih kemenangan.

Portugal sukses menekuk Andorra 6-0, lalu menghajar Kepulauan Faroe dengan skor yang sama. Kegemilangan Seleccao das Quinas berlanjut, dengan menang telak atas Latvia 4-1.

Hasil Lengkap: Timnas Israel Hancur Lebur, Portugal Hajar Swedia

Manisnya, Ronaldo mampu mengemas rekor gol di level internasional. Mantan pemain Manchester United ini  menyamai rekor Gerd Mueller dan Robbie Keane dengan koleksi 68 gol internasional sepanjang kariernya.

Dilansir Soccerway, megabintang Real Madrid tersebut, saat ini mengumpulkan koleksi gol tersubur melebihi rekor gol lebih banyak daripada 12 pesepakbola aktif di laga internasional, termasuk Lionel Messi.

Kini, pemilik dua gelar FIFA Ballon d'Or tersebut hanya tertinggal dari Ferenc Puskas (dengan 84 gol), Sandor Kocsis (75) dan Miroslav Klose (71) dalam sejarah koleksi di kancah Eropa.

Sedangkan, kehormatan sebagai pemain dengan gol internasional terbanyak masih dimiliki legenda Iran, Ali Daei yang memiliki 109 gol dalam 149 penampilan dalam 13 tahun karier internasionalnya.

Quaresma Super-sub

Tak hanya Ronaldo yang gemilang, Ricardo Quaresma juga mampu mencuri perhatian saat bersua Latvia. Masuk sebagai pemain pengganti, winger Besiktas ini mampu menciptakan dua assist.

Quaresma baru masu di menit 65 menggantikan Luis Nani. Hebatnya, dia mampu menjadi kreator gol yang diciptakan William Carvalho dan Ronaldo.

"Di saat istirahat, saya berbicara kepada para pemain dan kami memulai dengan lebih baik. Kami menciptakan banyak peluang, bermain dengan sedikit lebih cepat, namun kami kebobolan gol. Tim bereaksi dengan sangat baik, dan gol mampu tercipta dengan sendirinya," kata pelatih Portugal, Fernando Santos seperti dilansir Soccerway.

"Masuknya Quaresma berdampak dengan sangat bagus. Sebab, saat kami berpikir laga ini akan berlangsung mudah, kami membuatnya sulit untuk diri kami sendiri," lanjut mantan pelatih Yunani ini.

Santos bersyukur, gol William Carvalho berlangsung hanya sesaat setelah Latvia menyamakan skor. Portugal pun mampu menunjukkan intensitas yang bagus dan memenangkan pertandingan.

"Latvia banyak bertahan, dan sulit ditembus. Namun, yang penting kami menang. Kami sedikit menderita, tapi kami puas dengan tiga poin.”

Namun, Portugal belum bisa bersantai. Sebab, mereka masih bercokol di peringkat 2 Grup B. Mengolesi 9 poin dari 4 laga, Portugal tertinggal tiga poin dari Swiss yang sejauh ini masih tampil sempurna.

Swiss sukses menekuk Kepulauan Faroe 2-0 di Swissporarena, Lucerne, lewat gol yang dicetak Eren Derdiyok (27') dan Stephan Lichtsteiner (83'). Hasil yang membuat mereka mantap memimpin Grup B dengan 12 poin dari 4 laga.

Belgia Sempurna, Belanda Buka Peluang

Dari Grup H, Belgia melanjutkan rekor sempurna mereka di kualifikasi. De Rode Duivels menghajar Estonia 8-1 di King Baudouin Stadium, Brussels. Dries Mertens dan Romelu Lukaku tampil bersinar dengan mencetak dua gol.

Belgia sudah berhasil unggul pada menit ke-8 lewat Thomas Meunier. Sebelum Dries Mertens (16') dan Eden Hazard (25') membuat Belgia unggul 3-0. Estonia sempat mencetak gol di menit ke-29 lewat Henri Anier untuk membuat skor jadi 1-3 sampai turun minum.

Di paruh kedua, Yannick Carrasco langsung membawa Belgia semakin menjauh di menit ke-62. Sebelum gol bunuh diri Ragnar Klavan dua menit kemudian membuat skor jadi 5-1.

Mertens mencetak gol keduanya tiga menit berselang. Sebelum dua gol Romelu Lukaku di menit ke-83 dan 88 menyempurnakan kemenangan 8-1 Belgia atas Estonia.

Hasil ini membuat Belgia mantap di puncak klasemen Grup H dengan 12 poin dari 4 pertandingan. Mereka unggul dua poin dari Yunani, yang di saat bersamaan bermain imbang dengan Bosnia-Herzegovina 1-1 di Karaiskakis Stadium, Piraeus.

Sedangkan Belanda membuka peluang untuk lolos dari Grup A. Mereka sukses mengalahkan tuan rumah Luxemburg 3-1 di Stade Josy Barthel, Luxembourg City.

Arjen Robben membuka keunggulan Belanda di menit 36. Memphis Depay menyumbangkan dua gol di menit 58 dan 84.

"Dia (Memphis) memiliki sikap yang bagus ketika menjalani latihan. Dengan dua golnya menjadi sebuah nilai lebih untuk dia dan tim," kata pelatih Belanda, Danny Blind, seperti dilansir ESPN.

"Di laga tersebut, Luxemburg bermain cukup baik dan terorganisasi. Namun mereka memiliki pertahanan yang rapuh sehingga kami mendapat beberapa peluang," tutur dia.

Belanda kini menempati peringkat 2 Grup A dengan 7 poin dari 4 pertandingan. Mereka tertinggal tiga poin dari Prancis yang memuncaki klasemen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya