4 Kecelakaan Pesawat Mengerikan di Dunia Sepakbola

Puing pesawat tim sepakbola Brasil yang jatuh di Kolombia.
Sumber :
  • Twitter/Medellin 360 Radio Colombia

VIVA.co.id – Tragedi mengerikan terjadi di dunia sepakbola. Pesawat yang membawa pemain tim Brasil, Chapecoense terjatuh di Kolombia, Selasa 29 November 2016.

Update Terbaru, 13 Tim Pastikan Tiket ke EURO 2024

Sebanyak 76 orang dipastikan tewas dan lima selamat dalam kondisi luka parah dalam kecelakaan ini. Penyebab kecelakaan sebelumnya disebut, karena pesawat kehabisan bahan bakar, dalam perjalanan dari Bolivia ke Medellin. 

Namun, belakangan dikatakan, karena masalah kelistrikan. Kepala otoritas penerbangan sipil Kolombia, Alfredo Bocanegra, menyebut pesawat sebenarnya telah diberikan prioritas untuk mendarat.

Timnas Negara Eropa Ini Nunggu 2 Tahun Buat Bikin Gol, Selebrasinya Heboh Banget

Sayangnya, pesawat kemudian hilang kontak dengan menara kendali, dan dipastikan jatuh di wilayah pegunungan Medellin. Setidaknya 90 petugas penyelamat dilaporkan terlibat dalam pencarian korban di lokasi.

Ternyata, kecelakaan pesawat di dunia sepakbola, bukan kali pertama terjadi. Berikut, empat kecelakaan pesawat mengerikan di dunia sepakbola, seperti dilansir Marca:

MU Nyaris Diterpa Musibah, Hojlund Ungkap Karirenya Mau DIhancurkan Pemain San Marino

1. Tragedi pesawat timnas Denmark
16 Juli 1960, pesawat yang mengangkut skuat Timnas Denmark, yang akan berlaga di Olimpiade 1960, mengalami kecelakaan. Delapan orang pemain Denmark tewas akibat insiden ini.

2. Munich Air Disaster
Pesawat yang mengangkut pemain Manchester United yang baru saja berlaga di European Cup 1957-58, mengalami kecelakaan di Munich. Pesawat gagal lepas landas pada usaha ketiga. 

Sebanyak 23 orang tewas akibat insiden ini, termasuk delapan pemain MU. Ada tujuh pemain yang selamat, di antaranya Sir Bobby Charlton. Padahal, saat itu MU sedang memiliki generasi emas yang dijuluki "Busby Babes".

3. Tragedi Superga
Kecelakaan mengerikan terjadi pada 4 Mei 1949. Pesawat membawa pemain Torino menabrak Superga, bukit setinggi 670 meter di pinggiran Kota Turin. Pesawat pun meledak dan semua penumpang tewas mengenaskan.

Kejadian ini menewaskan seluruh penumpang yang berjumlah 31 orang. Itu, termasuk 18 pemain Torino yang ketika itu dijuluki Il Grande Torino, yang sedang mengalami masa keemasan. Mereka sukses merebut Scudetto Serie A pada 1943 hingga 1949.

4. Kecelakaan pesawat Timnas Zambia
Kecelakaan pesawat juga sempat terjadi pada 27 April 1993. Pesawat yang membawa skuat Timnas Zambia, yang akan menghadapi Senegal di Kualifikasi Piala Dunia 1994 terjatuh di Libreville, Gabon. Akibatnya, seluruh penumpang, yang terdiri dari 30 orang tewas. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya