Beda Karakter, Timnas Indonesia Ganti Kiper Lawan Vietnam?

Kiper Timnas Indonesia, Kurnia Meiga, di Piala AFF 2016
Sumber :
  • affsuzukicup.com

VIVA.co.id – Tim nasional Indonesia akan menjamu Vietnam dalam leg pertama semifinal Piala AFF 2016 yang berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, Sabtu 3 Desember 2016. Hingga saat ini, Alfred Riedl selaku pelatih kepala belum menentukan siapa kiper yang akan dimainkannya.

M Tahir Mendunia! Sampai Diangkat Media Vietnam, tapi Netizen Salfok ke Rizky Ridho

Saat ini ada dua kiper dengan kemampuan yang sama baiknya dalam skuat timnas, yakni Kurnia Meiga Hermansyah dan Andritany Ardhiyasa. 

Selama bertarung di fase Grup A, Meiga selalu bermain, namun jumlah kebobolannya mencapai tujuh gol. Sementara, Andritany lebih banyak bermain ketika laga uji coba.

Pelatih Korea Selatan Kritik Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Puji-puji Park Hang-seo

Banyak yang berharap, Riedl mau melakukan perubahan pada posisi kiper di laga melawan Vietnam nanti. Akan tetapi, ketika dikonfirmasi mengenai kemungkinan tersebut, pria asal Austria tersebut memilih bungkam.

"Kami berutung memiliki dua kiper dengan kemampuan yang tak berbeda jauh, tetapi untuk siapa yang akan bermain nanti itu menjadi urusan saya," tegas Riedl kepada wartawan saat ditemui usai latihan.

Vietnam Dapat Kabar Buruk Lagi Usai Dihancurkan Timnas Indonesia

Asisten pelatih kiper timnas Indonesia, Gatot Prasetyo, ternyata memiliki catatan tersendiri. Menurutnya, jika merujuk kepada gaya bermain Vietnam yang mengandalkan umpan terobosan ke dalam kotak penalti, karakter penjaga gawang seperti Andritany yang lebih cocok dimainkan.

"Saya menyarankan kepada pelatih apa yang saya ketahui. Vietnam pola serangannya mengandalkan kecepatan, tidak sering main umpan silang. Mereka memanfaatkan kecepatan dan mengandalkan umpan terobosan," ujar Gatot.

"Kalau seperti itu dibutuhkan kiper yang mempunyai kecepatan dalam mengantisipasi dan punya skill sebagai pemain, bisa memerankan sebagai libero, dan itu saya lihat ada pada Andritany," imbuhnya.

Meski begitu, Gatot mengaku hanya bisa menyarankan catatan-catatan yang dia miliki kepada Riedl. Terkait keputusan siapa yang akan bermain, nantinya akan menjadi hak preogratifnya sebagai nahkoda Skuat Garuda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya