Menanti Final Idaman di Piala Liga 

Jose Mourinho Vs Juergen Klopp
Sumber :
  • Mirror.co.uk

VIVA.co.id – Final idaman antara dua klub bersejarah Inggris di Piala Liga musim ini berpeluang tercipta, menyusul hasil undian babak semifinal yang telah dilakukan, Kamis kemarin.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Everton vs Liverpool di Premier League

Dua tim papan atas, Liverpool dan Manchester United, tidak akan saling jumpa. MU yang berhasil lolos usai menang 4-1 atas West Ham United, akan menghadapi Hull City. 

Tim asuhan Jose Mourinho yang lolos usai menekuk West Ham United tersebut akan lebih dulu bertindak sebagai tuan rumah pada leg 1 yang berlangsung 9 Januari 2017.

Liverpool Sudah Temuka Pengganti Juergen Klopp

Sedangkan The Reds akan menantang Southampton, yang sukses menyingkirkan Arsenal dengan skor 2-0. Sama halnya dengan MU, Southampton akan bertindak sebagai tuan rumah lebih dulu.

Southampton akan bertandang ke markas Liverpool pada 23 Januari 2017. Liverpool yang merupakan peraih trofi Piala Liga Inggris terbanyak sejauh ini dengan 8 kali juara, lolos ke semifinal usai mengalahkan Leeds United lewat skor 2-0.

Trent Alexander-Arnold Siap Bangkitkan Juara Liverpool

Andai Liverpool dan MU berhasil memenangkan duel di semifinal, maka akan menjadi sebuah partai final idaman yang akan berlangsung di Stadion Wembley pada 26 Februari 2017.

Seperti diketahui, duel MU dan Liverpool merupakan duel paling sarat gengsi di tanah Inggris. Ini terkait reputasi gemerlap kedua tim di masa lampau.

Peluang Terbaik MU

Manchester United Hajar Feyenord 4-0

Setan Merah melaju ke semifinal usai menang telak 4-1 atas West Ham United di Old Trafford. Meski berbekal kemenangan besar, MU enggan aggap remeh Hull City yang menanti.

Walau terhindar dari Liverpool, manajer MU, Jose Mourinho enggan menyebut timnya beruntung. Menurutnya semua tim yang sukses ke semifinal adalah tim terkuat. 

"Semua tim yang sukses mencapai babak ini, mereka punya kemampuan  berkompetisi," kata Mourinho seperti dilansir Skysports.

Khusus untuk Hull, Mourinho percaya tim tersebut punya ambisi besar kembali bermain di Wembley sebagai venue laga final. Apalagi mereka punya pengalaman manis tampil di sana menjalani partai play off promosi dari Championship.

"Saya yakin Hull punya memori luar biasa dari Wembley musim lalu. Saya juga yakin mereka akan melakukan segalanya untuk kembali ke sana," lanjutnya.

Piala Liga diyakini bakal mendapat perhatian serius dari Mourinho. Sebab, dengan menapak hingga semifinal, maka Piala Liga menjadi peluang terbaik MU meraih trofi musim ini. 

Mengingat mereka meragukan di dua kompetisi lain, Premier League dan Liga Europa. Perjalanan MU masih sangat jauh untuk bisa juara di dua kompetisi itu.

Seperti diketahui, MU tampil buruk di Premier League musim ini. Hingga laga ke-13, Wayne Rooney dan kawan-kawan masih terdampar di posisi enam dengan koleksi 20 poin.

MU tidak pernah menang di dua laga terakhir di Premier League. Dan yang lebih parah, MU tercatat hanya meraih dua kemenangan di 10 laga terakhir di Premier League.

Hasil kurang memuaskan juga diraih MU di ajang Liga Europa. MU sudah kalah dua kali dan masih tertahan di posisi dua grup A dengan sembilan poin dari lima laga.

Sementara itu, striker MU Zlatan Ibrahimovic berharap keberhasilan melaju ke semifinal Piala Liga bisa mendongkrak motivasi skuat MU di Premier League.

"Sukses ini memberikan kepercayaan diri kami lagi. Semoga ini berlanjut di Premier League," kata Ibrahimovic seperti dilansir Tribal Football.

"Kemenangan akan membangun kepercayaan diri tim lagi sekaligus memberikan stabilitas yang kami butuhkan (dalam perburuan gelar juara)," lanjut mantan striker Barcelona itu.

Ledakan Liverpool

Penyerang Liverpool, Divock Origi (tengah), merayakan gol

Sukses Liverpool melaju ke semifinal Piala Liga melanjutkan performa impresif skuat asuhan Juergen Klopp musim ini. The Reds juga tampil gemilang di Premier League.

Liverpool saat ini menghuni posisi dua klasemen sementara Premier League dengan koleksi 30 poin dari 13 laga. Hanya terpaut satu poin dari pemuncak klasemen, Chelsea.

Performa apik juga ditunjukkan The Reds di Piala Liga. Mereka menghajar Burton Albion 5-0 di laga pertama. Selanjutnya, Derby County ditekuk 3-0 di laga kedua.

Liverpool juga lolos dari hadangan Tottenham Hotspur. The Reds menang 2-1 pada Oktober lalu. Terakhir, Leeds United yang menjadi korban Liverpool usai ditekuk 2-0, Rabu kemarin.

Sepanjang musim ini, Liverpool tercatat baru sekali merasakan kekalahan. Itu terjadi saat mereka digebuk Burnley 0-2 di laga Premier League pada 20 Agustus 2016 silam.

Sejak kekalahan itu, Liverpool tidak terkalahkan. Liverpool total membukukan 12 kemenangan dan tiga hasil imbang di semua ajang yang diikuti musim ini.

Statistik ini menjadi ancaman bagi klub-klub lain bahwa Liverpool musim ini tidak hanya sekedar tim pelengkap, namun sangat serius dalam memburu trofi juara.

Klopp mengatakan kunci sukses kebangkitan anak asuhnya musim ini karena kerja keras dalam latihan. Dia pun membebaskan para pemainnya untuk berkreativitas ketika bertanding. 

"Skill pemain, latihan bersama, sikap pemain, dan keputusan yang mereka ambil di atas lapangan. Semua yang kami lakukan di sesi latihan, tim pelatih selalu memberi bantuan, itulah yang kami kerjakan," tutur Klopp beberapa waktu lalu.

"Semua yang Anda lihat di atas lapangan adalah kerja keras pemain dan mereka menuntaskan tugas dengan brilian, hingga sekarang. Itu saja," eks juru taktik Borussia Dortmund itu menambahkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya