5 Partai Hidup Mati di Laga Pamungkas Grup Liga Champions

Para pemain Napoli.
Sumber :
  • Reuters/Ciro de Luca

VIVA.co.id – Penyisihan grup Liga Champions akan memasuki matchday 6 atau laga terakhir, Selasa 6 Desember 2016 (Rabu dini hari WIB). Beberapa partai hanya menentukan status juara grup. Ada juga yang hanya sekadar formalitas karena juara dan runner up grup sudah diketahui.

Teror Barcelona ke Liverpool Mulai Melunak

Saat ini, 12 tim sudah mengantongi tiket ke babak 16 besar. Artinya, saat ini tinggal tersisa 4 tiket dan akan diperebutkan di laga terakhir.

(Baca juga: Sisakan 4 Tiket, Ini Tim yang Lolos ke 16 Besar UCL)

Pelatih Porto Murka Disingkirkan Arsenal dari Liga Champions

Ada 7 tim yang akan menentukan nasib di matchday terakhir. Sevilla, Olympique Lyon, Porto, Copenhagen, Benfica, Napoli, dan Besiktas bakal berjuang untuk memperebutkan tiket tersisa di laga hidup mati.

Tercatat, ada 5 pertandingan yang melibatkan tim-tim yang masih berjuang untuk lolos. Berikut ulasannya:

Lolos ke Perempat Final Liga Champions, Pemain Arsenal Ini Terbaik

1. Benfica vs Napoli
Grup B bisa dibilang sebagai grup yang paling rumit. Sebab, sampai saat ini belum ada satu tim yang memastikan diri lolos.

Benfica dan Napoli yang sama-sama mengoleksi 8 poin, akan menentukan nasib di Estadio Da Luz, Selasa 6 Desember 2016 (Rabu dini hari WIB). Napoli yang unggul head to head berbekal kemenangan 4-2 di pertemuan pertama, hanya butuh hasil imbang untuk lolos.

Siapa pun yang nantinya keluar sebagai pemenang di laga ini, dipastikan keluar sebagai juara grup. Kedua tim ini juga bisa sama-sama lolos, jika Besiktas mengalami kekalahan.

2. Dynamo Kiev vs Besiktas
Besiktas yang mengoleksi 7 poin juga masih punya peluang lolos dari Grup B. Raksasa Turki ini akan menghadapi tim yang sudah tersingkir, Dynamo Kiev di Olympic Stadium.

Besiktas wajib menang jika ingin lolos ke babak 16 besar. Mereka juga akan mengantongi status juara grup jika pertandingan lain di grup B berakhir imbang. Jika meraih hasil imbang, Besiktas hanya bisa lolos jika Napoli kalah. Itu karena Besiktas unggul head to head atas Napoli.

Selanjutnya

3. FC Porto vs Leicester City
Laga penentuan akan dihadapi Porto di Grup B. Untuk bisa lolos, raksasa Portugal ini butuh "bantuan" dari Leicester yang sudah memastikan diri lolos sebagai juara grup.

Porto wajib menang jika tak ingin posisi runner up mereka diambil alih Copenhagen. Hasil imbang atau kekalahan bisa menggagalkan ambisi mereka lolos. Itu jika di partai lainnya, Copenhagen menundukkan tuan rumah Club Brugge. Copenhagen (6 poin) unggul head to head atas Porto (8 poin), sehingga membuat partai ini menarik.

4. Club Brugge vs Copenhagen
Copenhagen yang menempati peringkat 3 masih berpeluang lolos. Apalagi, tim Denmark ini hanya berhadapan dengan Club Brugge yang selalu mengalami kekalahan di grup ini.

Jika menang, Copenhagen akan meraup 9 poin. Mereka berharap Leicester tetap bermain serius melawan Porto meski sudah memastikan diri lolos. Jika Porto gagal menang sedangkan Copenhagen menang, maka Copenhagen yang lolos karena unggul head to head.

5. Olympique Lyon vs Sevilla
Sevilla punya misi lebih ringan dalam laga yang berlangsung di Parc Olympique Lyonnais ini. Mereka kini mengumpulkan 10 poin, disusul Lyon dengan 7 poin. Sevilla juga punya keunggulan head to head, usai menang 1-0 di pertemuan pertama.

Alhasil, Sevilla hanya butuh hasil imbang untuk lolos. Kekalahan 0-1 juga akan meloloskan Sevilla. Meski head to head sama kuat, Sevilla lolos berkat keunggulan selisih gol. Sedangkan Lyon perlu kemenangan dengan selisih dua gol atau lebih untuk bisa melenggang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya