Misi Timnas Indonesia: Lewat Hanoi Menuju Final Piala AFF

Para Pemain Timnas Indonesia pada Piala AFF 2016
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA.co.id – Jalang Skuat Garuda menuju laga pamungkas perhelatan Piala AFF 2016 sudah terbuka. Kemenangan 2-1 atas Vietnam di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor pada Sabtu, 3 Desember 2016 lalu menjadi modal besar untuk menyambut leg kedua di Hanoi.

Kondisi Tidak Ideal, Marc Klok Siap Tempur Lawan Timnas Vietnam

Hasil imbang, bahkan kekalahan bersyarat, masih akan mengantarkan tim Merah-Putih mencapai partai puncak. Tapi apa bakalan semudah itu langkah Timnas Indonesia?

Sudah tentu tidak, meski sebagai anak bangsa kita sama-sama berharap kata 'ya' yang menjadi jawaban. Bagaimana pun kita wajib berpikir realistis. Vietnam bukan tim yang bisa dengan gampang dilibas, apalagi nanti mereka akan bermain di kandang sendiri dengan dukungan puluhan ribu suporter di Stadion My Dinh.

Tragis, Pemain yang Sindir Indonesia Rasa Belanda Dicoret dari Timnas Vietnam

Vietnam pasti akan sekuat tenaga mencoba memukul balik Indonesia. Walau kalah di leg pertama, mereka pulang dari Indonesia tetap membawa 'buah tangan' nan manis. Gol yang dicetak Nguyen Van Quyet dari titik penalti bisa modal besar. Punya catatan gol tandang, maka The Golden Stars hanya perlu menang dengan skor 1-0 untuk melaju.

Indonesia Enggan Main Aman

Serangan Balik Shin Tae-yong ke Pemain Vietnam: Dia Tidak Bisa Baca

Kembali ke soal hitung-hitungan. Indonesia bisa lolos dengan hasil imbang, baik dengan maupun tanpa gol. Meski kalah, tapi cuma dengan margin satu gol dan Boaz Solossa bisa membuat lebih dari satu lesakan, maka itu sudah cukup memastikan langkah sampai ke final.

Walau demikian, menurut pelatih Alfred Riedl menyatakan enggan memikirkan hitung-hitungan yang 'jelimet' tersebut. Pria asal Autria itu ingin timnas membuatnya lebih simple, yakni membidik kemenangan untuk lolos.

"Bukan hasil imbang yang kami cari. Kami harus tetap menang. Kami tak mau ke My Dinh dengan menganggap pertandingan ini sebagai ajang hiburan," kata Riedl.

Sementara Vietnam langsung mengobarkan optimisme jelang pertandingan. Mereka sadar kekalahan kemarin menyulitkan langkah ke final, tapi itu belum sepenuhnya menutup jalan.

"Kami masih punya peluang. Kekalahan memang membuat kami sulit, tapi kami percaya diri bisa membalikkan keadaan," ujar pelatih Nguyen Huu Thang.

Di Indonesia, bagi Huu Thang anak asuhnya menunjukkan mental bertanding yang mumpuni. Mendapatkan teror dari lebih 30.000 suporter tuan rumah sepanjang pertandingan, tetapi Le Cong Vinh cs tetap tampil bagus. Hal seperti itu yang akan kembali diperlihatkan pada laga di kandang nanti.

"Saya senang dengan mental para pemain, mereka menunjukkan permainan terbaik. Pertandingan nanti akan ditentukan oleh faktor psikologis, untuk itu saya ingi tim tampil dengan nyaman," katanya.

Indonesia Tanpa Kendala

Bermain di negeri orang, memang tak senyaman di kandang sendiri. Namun bagaimanapun semua itu harus dijalani.

Bertamu ke Vietnam, Indonesia diprediksi akan menemui masalah dengan cuaca. Di sana suhu udara lebih dingin ketimbang di tanah air.

Untuk sekarang, suhu pada siang hari berkisar antara 25 derajat celcius. Sedangkan ketika malam menjadi lebih dingin, yakni sekitar 15 derajat celcius.

Timnas sendiri sudah berangkat ke Vietnam sejak Minggu, 4 Desember. Mereka juga sudah langsung berlatih pada Senin. Langkah tersebut sengaja diambil Riedl untuk lebih mematangkan persiapan sekaligus melakukan adaptasi cuaca.

Terbukti langkah tersebut tepat. Pemain mengaku enjoy dengan udara dingin Hanoi. Mereka tak mempermasalahkan, apalagi menjadikannya kendala untuk menghadapi Vietnam.

Riedl pun juga telah menyusun trik khusus guna mensiasati suhu di sana. Dia mengaku akan meminta pemain menggunakan pakaian yang lebih hangat ketika bertanding pada Rabu malam, pukul 19.00 waktu setempat.

Kabar baik lain dari Indonesia, sudah pasti adalah kembalinya dua pilar utama lini pertahanan, Fachrudin Aryanto dan Yanto Basna. Mereka telah menyelesaikan hukuman akibat akumulasi kartu kuning.

Dengan situasi dan kondisi yang positif jelang laga, diharapkan timnas kita juga bisa bermain baik dan membawa hasil yang diinginan. Semangat timnas, melaju ke final dan raih gelar juara!!!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya