Wasit Kontroversial Timnas-Vietnam Dulu Pimpin Laga ManCity

Wasit Fu Ming saat kartu merah kiper Vietnam di Piala AFF 2016
Sumber :
  • VNexpress.com

VIVA.co.id – Wasit menjadi satu sosok yang jadi sorotan dalam laga leg kedua semifinal Piala AFF 2016 antara Vietnam melawan Indonesia karena membuat beberapa keputusan kontroversial.

Kondisi Tidak Ideal, Marc Klok Siap Tempur Lawan Timnas Vietnam

Wasit, Fu Min, dipercaya untuk memimpin laga menentukan tersebut. Pengadil berusia 33 tahun asal China itu memang memiliki lisensi FIFA sejak 2014 dan kerap memimpin laga level tinggi di Asia.

Pada pertandingan di My Dinh Stadium hari Rabu, 7 Desember 2016, sang wasit membuat beberapa keputusan yang patut dipertanyakan.

Tragis, Pemain yang Sindir Indonesia Rasa Belanda Dicoret dari Timnas Vietnam

Pertama saat memberikan kartu merah kepada kiper Vietnam, Tran Nguyen Manh, di menit ke-76. Banyak yang bertanya-tanya kenapa penjaga gawang tuan rumah sampai diusir.

Keputusan Fu Ming ternyata tepat, karena Nguyen Manh ternyata melakukan tindakan tidak sportif kepada Bayu Pradana usai perebutan bola. (Baca Juga: Penyebab Sebenarnya Kiper Vietnam Diusir Lawan Indonesia)

Serangan Balik Shin Tae-yong ke Pemain Vietnam: Dia Tidak Bisa Baca

Tetapi, Fu Ming lalu membuat suporter Indonesia geleng-geleng kepala dalam masa perpanjangan waktu. Saat kedudukan imbang 2-2, Indonesia nyaris kembali dapat penalti.

Rizky Rizaldi Pora tampak dijatuhkan oleh pemain belakang Vietnam dan juga ditarik oleh kiper dalam perbutan bola. Wasit sudah meniup peluit dan menunjuk titik putih.

Namun keputusan itu akhirnya dianulir hanya beberapa menit berselang usai berbicara dengan asisten wasit. Hal ini sempat memunculkan protes dari kubu Indonesia, terutama kapten tim saat itu Benny Wahyudi.

Dalam pertandingan semalam, Fu Ming mengeluarkan total empat kartu kuning dan satu kartu merah. Artinya, ia sudah mengeluarkan tiga kartu merah dalam lima laga internasional terakhir yang dipimpinnya.

Reputasi Fu Ming sendiri cukup baik. Ia pernah dipercaya memimpin laga International Championship Cup (ICC) antara Borussia Dortmund melawan Manchester City jelang bergulirnya musim 2016-17.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya