Riedl Ungkap Poin Minus Timnas Indonesia Saat Depak Vietnam

Pemain Timnas Indonesia merayakan kemenangan atas Vietnam
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id – Tim nasional Indonesia berhasil lolos ke final Piala AFF 2016 berkat hasil imbang 2-2 di My Dinh Stadium semalam. Ada beberapa poin minus yang digarisbawahi tim pelatih.

Piala AFF Ganti Nama, Catat Tanggalnya! Timnas Indonesia Pecah Telur Tahun Ini?

Indonesia datang ke Hanoi dengan modal kemenangan 2-1 pada leg pertama akhir pekan lalu. Dan skuat Garuda berhasil mencuri gol tandang di awal paruh kedua.

Tetapi, 10 pemain Vietnam, setelah sang kiper dikartu merah wasit, bisa membalikkan keadaan dalam 10 menit terakhir laga. Skor 2-1 membuat laga harus dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

Alasan Pelatih Timnas Australia Mau Ikut Piala AFF

Pada perpanjangan waktu, Indonesia tetap dikurung oleh lawan yang sebenarnya kalah jumlah. Beruntung, serangan balik membuat Vietnam melakukan pelanggaran di kotak penalti.

Eksekusi Manahati Lestusen akhirnya meloloskan Indonesia ke final Piala AFF 2016, membuat pasukan Merah Putih unggul agregat 4-3 atas Vietnam.

Shin Tae-yong Tolak Gagasan Timnas Australia Main di Piala AFF

Usai laga, Pelatih Timnas, Alfred Riedl, kurang terkesan dengan lini depan timnya yang sering membuang peluang. Karena, Indonesia sebenarnya bisa mencetak gol tambahan saat sudah unggul jumlah pemain.

"Vietnam bermain bagus. Sedangkan Indonesia baik dalam bertahan, sayangnya tidak terlalu baik dalam penyerangan," ujar Riedl.

Riedl pun sadar kalau langkah Indonesia ke final mengejutkan banyak pihak. Pelatih asal Austria itu sekali lagi mengatakan kesuksesan timnas sejauh ini ada campur tangan "Dewi Fortuna".

"Semua tahu sebelumnya tidak ada yang memperhitungkan kami bisa lolos sampai sejauh ini. Kami berjuang untuk keberuntungan dan kami berhasil meraihnya," tutur pelatih berusia 67 tahun tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya