Timnas Indonesia Dipandang Sebelah Mata

Indonesia Menang 2-1 atas Vietnam di Stadion Pakansari
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Tim nasional Indonesia memang bukan negara yang diprediksi bakal menembus babak final Piala AFF 2016. Berbagai masalah mendatangi Skuat Garuda jelang turnamen bergulir.

Piala AFF Ganti Nama, Catat Tanggalnya! Timnas Indonesia Pecah Telur Tahun Ini?

Sanksi FIFA yang membuat Timnas tidak tampil di kompetisi resmi selama satu tahun terakhir, pemusatan latihan yang tergolong singkat, pembatasan dua pemain saja dari klub, ditambah cedera yang menimpa beberapa pemain menjadi sekian banyak masalah yang dihadapi Indonesia.

Tetapi, Indonesia perlahan tapi pasti terus melangkah menembus "grup neraka" yang diisi rival seperti Thailand, Filipina, dan Singapura. Setelah itu, giliran favorit juara, Vietnam, yang disingkirkan pada babak semifinal.

Terpopuler: Timnas Indonesia Diadang Thailand-Vietnam, Eks Bintang Inter Milan Tersandung Narkoba

Sekarang, Indonesia akan menghadapi favorit juara dan sang juara bertahan, Thailand, pada partai final. Menilik perjalanan Thailand di Piala AFF 2016, tidak berlebihan jika banyak pihak memprediksikan jika Tim Gajah Putih layak meraih gelar juara. 

Hasil positif skuat Kiatisuk Senamuang dimulai sejak fase grup dengan menyapu bersih tiga laga dengan kemenangan. Melaju ke semifinal, mereka menaklukkan Myanmar dengan agregat 6-0. 

Pantas Saja Timnas Indonesia Payah Lawan Vietnam dan Thailand, Ternyata Erick Thohir Buka Fakta Ini

Bek Indonesia, Benny Wahyudi, menilai label underdog yang melekat di Timnas bisa menjadi keuntungan untuk bermain lepas dan bermain seperti yang selama ini diperlihatkan. 

"Kalau saya pribadi bersyukur, Indonesia sebenarnya menjadi tim yang dipandang sebelah mata oleh banyak orang. Namun kita bisa buktikan dengan keyakinan dan kemampuan akhirnya kita bisa masuk final," kata Benny, ketika ditemui di terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

"Saat ini mental pemain dalam kondisi yang sangat baik setelah mampu mengalahkan tim kuat, Vietnam. Saat ini kami hanya ingin fokus menghadapi partai final," tuturnya. 

Indonesia sudah bertemu dengan Thailand pada partai pembuka Piala AFF kemarin yang berujung dengan kekalahan 2-4. Sadar kualitas lawan lebih baik, Timnas akan mengandalkan mental baja yang sudah terbukti sepanjang turnamen ini.

"Kami memang kalah di fase grup, Thailand adalah tim yang sangat kuat. Namun, mental pemain Indonesia Insya Allah bisa membendung. Saya yakin Indonesia bisa juara," tegas Benny.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya