Momen Haru Ini Bikin Alfred Riedl Meneteskan Air Mata

Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl.
Sumber :
  • Antara Foto/Wahyu Putro A

VIVA.co.id – Meski kerap identik sebagai sosok yang tegas dan tak kenal kompromi, namun pelatih tim nasional Indonesia, Alfred Riedl rupanya juga punya sisi humanis yang sangat dalam. Pria asal Austria ini pun tampak tak bisa menahan rasa harunya kala mengingat kembali sebuah momen besar dalam hidupnya.

Piala AFF Ganti Nama, Catat Tanggalnya! Timnas Indonesia Pecah Telur Tahun Ini?

(Baca juga: Dapat Donor Ginjal, Riedl Merasa Jadi Setengah Orang Vietnam)

Figur yang juga pernah membesut tim nasional Vietnam ini pun  tidak kuasa menitikkan air mata saat bertemu dengan orang yang telah mendonorkan ginjalnya. Momen itulah yang tampak dalam program 'Satu Jam Lebih Dekat' bersama Alfred Riedl yang ditayangkan di tvOne pada tahun 2011 silam.

Alasan Pelatih Timnas Australia Mau Ikut Piala AFF

Sudah lebih dari 10 tahun, Riedl bermasalah dengan ginjalnya hingga memutuskan untuk melakukan cangkok ginjal saat membesut timnas Vietnam pada 2006. Tanpa disangka, masyarakat Vietnam yang punya empati kepadanya bersedia mendonorkan satu organ tubuh vital tersebut.

Shin Tae-yong Tolak Gagasan Timnas Australia Main di Piala AFF

Operasi akhirnya bisa dilakukan pada Maret 2007. Riedl pun bisa kembali sehat tanpa harus bolak balik ke rumah sakit untuk melakukan cuci darah. "Ini emosi. Anda membawa dia ke sini," kata Riedl saat berjumpa dengan pria yang telah rela pendonor ginjal.

Menurut Riedl, orang yang bermasalah dengan ginjal yang tidak mendapat donor harus melakukan cuci darah tiga kali selama seminggu. Meski penderita ginjal, tidak meninggal tetapi harus menderita seumur hidup. "Dia menyelamatkan hidup saya," kata Riedl.

Simak video keharuan Alfred Riedl saat bertemu dengan pendonor ginjalnya dengan mengklik tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya