Wasit Timnas Indonesia Vs Thailand Punya Rekor Menarik

Wasit asal Jepang, Jumpei Lida akan pimpin laga Indonesia Vs Thailand
Sumber :
  • Zimbio.com

VIVA.co.id – Tim nasional Indonesia bakal menjamu Thailand di Stadion Pakansari, Cibinong, Rabu 14 Desember 2016. Pertandingan leg pertama final Piala AFF 2016 itu akan dipimpin wasit asal Jepang, Jumpei Lida.

Piala AFF Ganti Nama, Catat Tanggalnya! Timnas Indonesia Pecah Telur Tahun Ini?

Rekam jejak wasit berusia 35 tahun ini cukup baik. Memulai karier sejak 2009 di J League, dia secara perlahan membuktikan layak dipercaya memimpin pertandingan level internasional dengan ikut kursus di Inggris pada 2012.

Karena kursus itulah, kemudian Jumpei dipercaya memimpin pertandingan Piala FA. Kemudian, dia kerap ditunjuk untuk menjadi wasit utama di pertandingan Kualifikasi Piala Dunia zona Asia serta kejuaraan lainnya di kawasan benua Kuning.

Terpopuler: Timnas Indonesia Diadang Thailand-Vietnam, Eks Bintang Inter Milan Tersandung Narkoba

(Baca juga: Wasit Jepang Pimpin Laga Timnas Indonesia Vs Thailand)

Nama Jumpei sebagai wasit yang tegas mulai muncul di Jepang pada 15 April 2009. Ketika itu, dia menjadi pengadil paling cepat mengeluarkan kartu merah dalam sebuah pertandingan di dunia, dengan mengusir keluar pemain Tokyo Verdy, Tomo Sugawara.

Pantas Saja Timnas Indonesia Payah Lawan Vietnam dan Thailand, Ternyata Erick Thohir Buka Fakta Ini

Padahal, ketika itu pertandingan baru berjalan sekitar 9 detik. Alhasil hingga akhir pertandingan, Tokyo Verdy mesti susah payah melayani permainan Sagan Tosu dengan 10 orang pemain di atas lapangan.

Dikutip dari Football Database, selama delapan musim bertugas di J League, total sudah 124 pertandingan yang dipimpin Jumpei. Dan ketegasannya bisa tergambar dari jumlah kartu yang dikeluarkan dari sakunya, yakni 384 kartu kuning dan 14 kartu merah.

Catatan yang membanggakan selama karier Jumpei ialah saat memimpin pertandingan uji coba antara Liverpool dengan Melbourne Victory pada 2012. Ketika itu The Reds sukses memetik kemenangan dengan skor 2-0.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya