3 Kunci Persija Berjaya di Markas PSM

Persija Jakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yasir (11-12-16)

VIVA.co.id – Persija Jakarta berhasil memutus catatan tanpa kemenangan di tiga laga terakhir, setelah berhasil menumbangkan PSM Makassar 1-0, dalam lanjutan Torabika Soccer Championship di Stadion Gelora Andi Mattalatta, Sabtu, 10 Desember 2016. Usai laga, pelatih Persija, Muhammad Zein Al Haddad, mengungkapkan tiga rahasia dari kemenangan timnya.

Persib Bandung Waspadai Kekuatan Lini Depan MU

Pertama, ia menilai disiplinnya barisan pertahanan Macan Kemayoran yang membuat skuat Juku Eja kewalahan dalam membangun serangan. Hal itu terlihat dari banyaknya peluang Rasyid Bakri cs yang berhasil digagalkan.

Rahasia kedua, pelatih yang akrab disapa Mamak ini, menjelaskan jika timnya sengaja mengawal ketat Willem Jan Pluim dan Rasyid Bakri sepanjang pertandingan. Menurutnya, kedua pemain itu yang punya peran penting dalam mengembangkan alur permainan PSM.

Pelatih Persija Akui Keganasan Borneo FC

"Pertama, kemenangan kami karena para pemain tampil disiplin. Yang kedua, kami sengaja menjaga Pluim dan Rasyid secara tertib," kata Mamak.

Selanjutnya, dia menilai permainan PSM sesuai dengan harapannya yang bermain tidak terlalu cepat. Kuncinya, kata dia, Pasukan Ramang terpancing untuk mengikuti ritme permainan Persija.

Persija Kalah Beruntun di 3 Pertandingan, Ini Kata Pelatih

“Ketiga, kami bisa membuat PSM terbawa ritme permainan kami,” ungkapnya.

Sementara itu, pelatih PS, Robert Rene Alberts, mengatakan, kondisi pemain yang tidak prima saat bertanding menjadi faktor utama Persija mampu meraih poin penuh di markas PSM.

“Kondisi dan performa pemain memang kurang baik, pemain masih kelelahan dengan padatnya jadwal pertandingan,” jelas Robert.

Selain itu, pengalaman dari para pemain juga menjadi kelebihan Persija. Hadirnya beberapa pemain senior seperti Ismed Sofyan, membuat beberapa alur serangan PSM patah di tengah jalan.

“Selama pertandingan, permainan kami tidak berkembang. Babak kedua, pemain sangat bernafsu mencetak gol. Tapi, kalau kita perhatikan, pemain-pemain Persija memang sangat berpengalaman,” tutur Robert.

Kemenangan ini membuat Persija memutus catatan tanpa kemenangan di tiga laga sebelumnya. Sedangkan bagi PSM, kekalahan dari Persija menjadi yang pertama dalam tujuh laga terakhir. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya