Nama Johan Cruyff Diabadikan di Markas Ajax dan Barcelona

Mendiang Johan Cruyff
Sumber :
  • Google Picture

VIVA.co.id – Klub raksasa Eredivisie, Ajax Amsterdam, berencana akan mengubah nama markas mereka, yang kini bernama Amsterdam Arena. Ini dilakukan untuk memberi penghormatan untuk legenda mereka, Johan Cruyff.

Hasil Drawing 16 Besar Liga Konferensi Eropa, 2 Eks Juara Liga Champions Saling Bunuh

Nantinya, stadion akan berubah nama menjadi Johan Cruyff Stadium. Tanggal 24 Maret dipilih sebagai tanggal peresmian, sebab di tanggal itulah, Cruyff meninggal dunia akibat kanker paru-paru.

Pergantian nama stadion ini dipastikan usai semua pihak pemilik Amsterdam Arena mencapai kesepakatan. Sebagai info, Amsterdam Arena dimiliki oleh beberapa pihak, dikutip The Sun.

Pernah 3 Kali Bela Belanda, Jairo Riedewald Masih Bisa Perkuat Timnas Indonesia?

Ketiga pihak tersebut adalah pihak pemerintah kota Amsterdam, yang memiliki saham mayoritas dengan 48 persen. Pihak Ajax sendiri hanya memiliki 38 persen saham atas bangunan yang mulai diresmikan pada 1996 tersebut. Sementara itu, 14 persennya dimiliki oleh investor yang membantu pembiayaan pembangunan stadion.

Pihak keluarga mendiang Cruyff sangat menyambut positif rencana ini. Namun, pihak keluarga juga memiliki persyaratan.

Transfer Gagal! Target Utama Arteta Direbut Klub Lain, Arsenal Gigit Jari

Mereka tidak ingin nama Cruyff nantinya disandingkan dengan nama sponsor lain. Seperti markas Arsenal yang bernama Emirates Stadium, stadion Manchester City, Etihad Stadium, atau Allianz Arena milik Bayern Munich.

Selain Ajax, klub lain yang pernah dibela Cruyff, Barcelona juga ingin menyematkan namanya. Kemungkinan besar Cruyff akan menjadi nama sebuah stadion mini di kompleks Camp Nou yang sedang dibangun. (one)

Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez

Ada Peluang Xavi Hernandez dan Cruyff Reuni

Xavi Hernandez berpeluang reuni dengan Jordi Cruyff. Keduanya pernah saling bekerja sama ketika masih sama-sama berada di Barcelona.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024