Tiga Klub Indonesia Mampu Curi Perhatian Ezra Walian

Penyerang muda Belanda keturunan Indonesia, Ezra Walian.
Sumber :
  • VIVA.co.id / Radhitya Ardiansyah

VIVA.co.id – Nama pemain muda Ajax Amsterdam, Ezra Walian, saat ini sedang ramai diperbincangkan penggemar sepakbola di Indonesia. Karena dia menjadi salah satu pemain yang digadang-gadang bakal dinaturalisasi.

Dominasi Skuad Timnas U-23 di Piala Asia, Menpora Dito Akan Terus Maksimalkan PPLP dan SKO

Ezra memiliki darah Indonesia dari Ayahnya, Glen Walian. yang berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Besar di Belanda membuat pemain berusia 19 tahun tersebut berkesempatan menimba ilmu sepakbola di Eropa.

Namun, belakangan dia memiliki hasrat besar untuk membela tim nasional Indonesia. Hal itu sudah terlihat ketika dia lebih sering memantau perkembangan sepakbola di Tanah Air meski berada di Negeri Kincir Angin.

Kalahkan Australia, Timnas Indonesia U-23 Didominasi Alumnus PPLP dan SKO Kemenpora

Selain selalu menyimak berita timnas Indonesia melalui media massa. Pemain yang berposisi sebagai striker tersebut mengenal tiga klub di Indonesia, yakni Persija Jakarta, Bali United, PSM Makassar.

“Tiga klub itu yang diketahui Ezra soal sepakbola Indonesia. Perkembangan timnas juga selalu diikutinya,” kata Vian Rondonuwu, kerabat dekat Ezra yang bermukim di Manado, Selasa 3 Januari 2017.

Sudah Video Call, Penyerang Label Eropa Bakal Perkuat Timnas Indonesia?

Keinginan Ezra bisa mengenakan seragam Skuat Garuda pun mendapat respons positif dari pemerintah. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sudah mengirimkan surat pengajuan proses naturalisasinya kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Proses pengajuan tersebut dipercepat agar pemain berpostur 185 cm itu bisa masuk dalam tim yang bakal mentas di SEA Games 2017 Malaysia mendatang. Menurut Vian, kerabatnya itu sudah mendengar kabar mengenai proses naturalisasi, namun masih enggan berkomentar.

"Ezra punya keinginan untuk memperkuat Timnas dan mengenakan seragam merah putih. saya sempat WA dengan Ezra menanyakan surat rekomendasi dan Ezra tersenyum," ungkapnya.

Vian menambahkan, Ezra memiliki kecintaan tersendiri kepada Tanah Air. Dia beberapa kali menyempatkan pulang ke kampung halaman sang Ayah. Bahkan pada 2013 lalu sempat diundang oleh Gubernur Sulut ketika itu, Sinyo Harry Sarundajang ke rumah dinasnya.

Pada kelompok umur, Ezra pernah membela timnas Belanda mulai dari U-15 hingga U-17. Beruntung dia belum pernah mengecap tampil bersama De Oranje senior, sehingga peluang Indonesia menaturalisasinya masih terbuka.

Profil

Nama Lengkap: Ezra Harm Ruud Walian

Tanggal Lahir: 22 Oktober 1997 (umur 19)

Tempat Lahir: Amsterdam, Belanda

Tinggi Badan: 185 cm

Posisi pemain: Striker

Informasi Klub

Klub Saat Ini: Ajax Amsterdam

Nomor Punggung: 9 (sembilan)

Karier

2005 – 2009 HFC Haarlem

2009 – 2012 AZ Alkmaar

2012 – Sekarang Ajax Amsterdam

Tim Nasional

2012 – 2012 Belanda U-15 (1 gol, 2 kali main)

2012 – 2013 Belanda U-16 (2 gol, 3 kali main)

2013 –Belanda U-17 (5 gol, 2 kali main)

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya