Guardiola Mengaku Bikin Kesalahan di Manchester City

Manajer Manchester City, Pep Guardiola
Sumber :
  • Reuters / Jason Cairnduff

VIVA.co.id – Pep Guardiola akhirnya mengakui sudah melakukan beberapa kesalahan sejak menangani Manchester City musim ini. Namun, dia mengatakan terus beradaptasi dengan sepakbola Inggris, serta masih berusaha mengenal para pemainnya.

Mikel Arteta Berharap Lebih dari Kapten Arsenal

"Ada saat di mana ide-ide saya tidak bagus, karena saya masih berusaha mengenal para pemain, mengetahui posisi terbaik mereka. Cara terbaik untuk bermain, untuk beradaptasi dengan mereka," kata Guardiola, seperti dikutip dari Sky Sports, Selasa 10 Januari 2017.

ManCity meraih 10 kemenangan beruntun di semua kompetisi pada awal musim. Tapi, mereka kemudian mendapat beberapa hasil mengecewakan. Sempat dijagokan bakal jadi juara musim ini, sekarang ManCity hanya ada di posisi 4 klasemen sementara.

Chelsea Bikin Mikel Arteta Terkesan

Tidak konsistennya performa ManCity mendapat kritik, tapi Guardiola menolak untuk menyalahkan para pemainnya. Dia justru menyebut ide-idenya yang kadang gagal berjalan. "Kami memberikan permainan yang sangat bagus di bagian awal musim," ujar Guardiola.

"Tapi, saat ini kami merasa ada kesalahan, terutama di pertahanan. Kami kehilangan sedikit kepercayaan diri dalam bermain. Kadang saya memiliki ide tiga bek di belakang, atau memainkan pemain dengan cara berbeda, dan kadang itu tidak berjalan," ucapnya.

Zinedine Zidane Pilih Manchester United Ketimbang Bayern Munich

Guardiola mengaku tidak mengeluh kepada para pemainnya, jika apa yang dia rencanakan tidak berjalan. "Karena saya melihat mereka berlatih, bagaimana mereka menderita. Anda harus melihat pada diri, dan melihat apa yang harus Anda lakukan untuk membantu mereka," kata Guardiola.

Dia bersikeras tidak bisa mengubah sepakbola Inggris, tapi yakin dia bisa berubah menjadi pelatih yang bisa bekerja di Premier League. "Saya tidak akan mengubah Inggris, dan saya tidak mau melakukan itu," ujarnya.

"Tentu, (sepakbola Inggris) yang akan mengubah saya. Itu mengapa saya datang ke sini, untuk berubah. Itu menyenangkan. Saat saya melakukan hal yang sama sepanjang karier, 15 atau 20 tahun, itu membosankan," ucap mantan bos Barcelona dan Bayern Munich itu.

Guardiola menegaskan setiap negara memiliki karakter berbeda, dan itu luar biasa baginya. "Itulah mengapa sepakbola luar biasa, dan tentu saja, saya datang ke sini dan sudah mengatakan ribuan kali, saya berusaha beradaptasi dengan sepakbola Inggris," katanya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya