FIFA Football Awards Memperuncing Rivalitas Madrid-Barcelona

Ronaldo Raih Gelar Pemain Terbaik FIFA 2016
Sumber :
  • REUTERS/Ruben Sprich

VIVA.co.id - Bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo terpilih sebagai pemain terbaik dunia 2016 versi FIFA Football Award yang berlangsung di Zurich, Swiss, Selasa 10 Januari 2017 dini hari WIB. Kondisi ini kian memperuncing rivalitas Madrid dengan Barcelona. Kenapa?

Legenda AC Milan, Ricardo Kaka Diceraikan Istri karena Terlalu Sempurna

Prestasinya sepanjang 2016 memang luar biasa dengan membawa Madrid menjuarai Liga Champions, dan timnas Portugal merebut juara Piala Eropa. Sendangkan di akhir tahun lalu, Ronaldo berhasil membawa Los Blancos memenangi Piala Dunia Klub di Jepang.

Ronaldo seolah tak mampu dihentikan dalam persaingan memperebutkan gelar individu. Setelah Ballon d'Or, penghargaan pemain terbaik dunia versi FIFA Football Award ini menjadi penutup manis.

Viral Video Jersey Fan Man City Dirobek saat Nobar Lawan Real Madrid, Begini Klarifikasi Korban

Pemain berjuluk CR7 tersebut memenangi penghargaan kali ini dengan keunggulan atas striker Barcelona, Lionel Messi, dan pemain muda Atletico Madrid, Antoine Griezmann. Ronaldo menilai 2016 menjadi tahun terbaiknya.

"Saya berterima kasih kepada tim nasional Portugal, Real Madrid, pelatih, keluarga yang datang ke sini, putera saya, saudara-saudara saya. 2016 adalah tahun terbaik dalam karier saya, trofi ini menunjukkan orang-orang tidak buta dan menonton pertandingan," kata Ronaldo.

Terpopuler: Shin Tae-yong Dipanggil Haji Lulung, Suporter Liverpool Protes

"Dengan semua yang saya menangkan tim nasional dan klub, dengan penampilan individu yang hebat, saya tak dapat melupakan tahun yang luar biasa ini. Terima kasih telah memilih saya," lanjutnya di situs FIFA.

Pemain Barcelona Absen

Di tengah kemeriahan cara FIFA Football Awards 2016, ada hal yang cukup disayangkan. Para pemain Barcelona, memilih absen dalam penghargaan bergengsi tersebut.

Ada empat pemain yang masuk dalam tim terbaik pilihan FIFA (FIFPro World 11), yaitu Lionel Messi, Luis Suarez, Andres Iniesta dan Gerard Pique. Mewakili rekan-rekannya, Iniesta menyampaikan permintaan maaf.

"Sebagai kapten Barcelona, kami ingin menyampaikan terima kasih kepada FIFA dan FIFPro karena telah memberikan kami kebanggan dalam tim terbaik," ungkap Iniesta dikutip dari Marca.

Iniesta membeberkan alasan mengapa mereka tidak hadir dalam acara malam penghargaan kali ini. Melakukan persiapan jelang melakoni leg kedua babak 16 besar Copa del Rey melawan Athletic Bilbao menjadi lebih penting bagi mereka.

"Saya ingin meminta maaf karena kami absen dalam acara malam ini, dengan alasan kami harus melakukan persiapan jelang melakoni pertandingan penting di Copa del Rey," ujarnya.

Hal tersebut, membuat Ronaldo sedikit menyayangkan absennya para pemain Barcelona. Meskipun, dia menyadari bila rival timnya tersebut tengah mempersiapkan timnya kontra Bilbao.

"Mereka harus melakoni pertandingan Copa del Rey, sehingga sangat mudah dimengerti mengapa mereka tidak ada di sini," tutur Ronaldo. Barcelona butuh kemenangan di pertandingan nanti, karena di leg pertama mereka kalah 1-2 dari Bilbao.

Adu Komentar

Komentar Cristiano Ronaldo akan absennya para pemain Barcelona di ajang FIFA Football Awards 2016, mendapatkan reaksi dari kubu El Barca. Hal ini kian memperuncing rivalitas antara Madrid dan Barcelona.

Pelatih Barcelona, Luis Enrique, mendukung sikap pemain asuhannya untuk absen. Menurutnya, itu keputusan individual yang harus dihormati.

"Keputusan datang atau tidak ke sana itu bersifat individual. Sebagai pelatih, saya hanya bisa mendukung apa yang mereka pilih. Karena memang ada kondisi yang lebih penting," lanjut mantan pelatih AS Roma itu," kata Enrique dikutip Sport.

Absennya para pemain Barcelona dari acara pengganti Gala Ballon d'Or itu sempat disindir oleh Cristiano Ronaldo yang kebetulan terpilih sebagai Pemain Terbaik Dunia FIFA. Ketika ditanya reaksinya soal ucapan CR7, Enrique berkelit dengan mengatakan tidak menyaksikan kejadian tersebut.

"Saya sangat beruntung karena sejak akhir pekan tidak menyaksikan televisi. Saya tidak tahu mengapa kalian (wartawan) tertawa. Saya memang menolak untuk menyaksikan acara yang kalian sebut," kata Enrique lagi.

Sementara itu, Ronaldo juga membahas tingkah pemain Barcelona yang kerap mengkritik keputusan wasit. Bek Barcelona, Gerard Pique, sebelumnya mengkritik keras wasit saat Barcelona gagal meraih kemenangan di dua laga beruntun.

Kalah 1-2 dari Athletic Bilbao dan imbangi Villarreal 1-1. "Saya berharap di tahun 2017 ini, orang-orang lebih memiliki akal sehat. Setiap orang semoga lebih memiliki akal sehat," kata Ronaldo dilansir Sport.

Belakangan muncul cerita baru tentang latar belakang boikot para pemain Barcelona tersebut. Menurut Marca, sebenarnya sasaran mereka adalah pihak klub sendiri.

Andres Iniesta cs menolak terbang ke Zurich karena sebelumnya pihak klub tidak mengutus perwakilan, setaraf direktur klub untuk mendampingi ketika bermain di kandang Bilbao, pekan lalu.

Tidak hadirnya para pemain Barcelona menjadi polemik. Legenda Argentina, Diego Maradona, mengaku kecewa dengan sikap mereka, terutama Lionel Messi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya