Liverpool Pun Tidak Mampu Menjegal Kebangkitan MU

Manchester United merayakan gol.
Sumber :
  • REUTERS/Phil Noble

VIVA.co.id – Manchester United berhasil mempertahankan rekor tak terkalahkan usai bermain imbang kontra Liverpool. Dalam pertandingan yang digelar di Old Trafford, akhir pekan lalu itu, kedua tim hanya meraih hasil imbang 1-1.

Terpopuler: Bohongi Dokter yang Dikirim Ketum PSSI, 3 Pemain Timnas Indonesia Dicoret

The Reds sebenarnya berkesempatan untuk menghentikan rekor tersebut saat James Milner berhasil mencetak gol terlebih dulu melalui eksekusi penalti di menit 27. Untungnya, Zlatan Ibrahimovic berhasil menyamakan kedudukan di menit 84 yang membuat kedua tim harus puas berbagi poin.

Hasil imbang ini membuat Setan Merah tak terkalahkan dalam 16 pertandingan terakhirnya di semua kompetisi. Dimulai saat MU bertandang ke markas Swansea City pada November 2016 hingga saat ini.

Gak Ada Duit, Barcelona Enggan Tebus Bintang Manchester United Ini

Namun, jika dilihat dari performa secara keseluruhan, The Reds sebenarnya pantas untuk meraih kemenangan. Sebab, Roberto Firmino Cs menunjukkan performa yang lebih positif pada laga tersebut setelah berhasil melepaskan 13 tendangan di mana empat di antaranya mengarah ke gawang. Sedangkan MU hanya menghasilkan sembilan tendangan dan hanya tiga yang mengarah ke gawang.

"Saya rasa performa kami benar-benar positif malam ini. Kami bermain dengan lebih baik dan taktik kami juga lebih baik. Saya pikir kami pantas mendapatkan tiga poin pada hari ini (Minggu 15 Januari). Namun kami hanya mendapatkan satu, itu tidak masalah bagi saya," kata Klopp kepada Sky Sports.

Pemain Ini Masuk, Manchester United Singkirkan Liverpool di Piala FA

Hal yang sama juga diamini oleh Jose Mourinho. Menurutnya, Liverpool bisa bertahan dengan baik.

"Ini pertandingan yang menghibur saya setuju. Tapi sayang tidak berkualitas tinggi. Kami menciptakan banyak peluang, sayangnya Liverpool bertahan dengan baik," kata Mourinho dikutip dari Soccerway.

"Mereka telah menghentikan kemenangan beruntun kami, tapi kami masih belum terkalahkan," tambah mantan manajer Chelsea.

Manajer Manchester United, Jose Mourinho.

Selanjutnya: Performa Ibrahimovic dan Pogba jadi sorotan

Performa Ibrahimovic dan Pogba jadi sorotan

The Red Devils tentunya sangat beruntung memiliki Ibrahimovic dalam skuatnya. Sejak bergabung pada awal musim ini, pemain 35 tahun itu langsung menjadi sosok penting dalam tim.

Tercatat, sudah 18 kali dia membobol gawang lawan selama berseragam Setan Merah. Di mana 14 gol telah berhasil dibuatnya pada pentas Premier League.

Gol-gol yang dicetaknya juga kerap kali menjadi penyelamat tim dari kekalahan. Seperti yang dicetaknya kala bersua Liverpool di Old Trafford. Gol itu juga membuatnya sejajar dengan Diego Costa dan Alexis Sanchez dalam daftar top scorer Premier League.

Namun, beberapa pihak menilai jika gol Ibra seharusnya tidak disahkan wasit. Hal itu lantaran posisi Antonio Valencia, yang memberikan umpan lambung dari pinggir lapangan, sudah terlebih dulu terperangkap offside.

"Karena posisi asisten wasit (Mick McDonough) terlalu jauh, dia tidak bisa memutuskan Valencia dalam posisi offside atau tidak sebelum dia menerima bola, yang mana dia sudah terperangkap (offside)," ujar Howard Webb seperti dikutip ESPN.

Performa sebaliknya justru ditunjukkan oleh pemain termahal dunia, Paul Pogba. Pemain berpaspor Prancis itu justru terlihat tegang pada laga tersebut.

Mantan pemain Juventus itu terlihat beberapa kali melakukan kesalahan. Yang paling parah ketika dia melakukan handball sehingga memberikan penalti untuk Liverpool.

"Pogba tidak tahu di mana posisi bola, dia juga tidak tahu di mana keberadaan pemain itu (Dejan Lovren). Dia panik dan kehilangan tumpuan," ujar Phil Neville dilansir Daily Star.

Paul Pogba dan Zlatan Ibrahimovic

Selanjutnya: Ada Peran Ferguson di balik kebangkitan MU?

Peran Ferguson di balik kebangkitan MU

Mourinho memang berhasil membawa MU melewati 16 pertandingan tanpa terkalahkan. Namun, dibalik itu ternyata ada peran mantan manajer Setan Merah, Sir Alex Ferguson.

Jika kita perhatikan, sifat temperamen yang ditunjukkan oleh mantan manajer Chelsea di awal musim perlahan menghilang. Kini, Mourinho lebih tenang dalam menghadapi setiap kejadian yang menimpa timnya.

Hal itu dinilai legenda Liverpool, John Aldrige, sebagai suatu hal yang positif. Sebab, dengan melakukan hal tersebut, para pemain MU kini justru bisa tampil lebih baik.

"Seseorang jelas telah menasehati Mourinho agar dia mengubah cara hidupnya jika ingin bertahan sebagai manajer di Inggris," kata Aldridge dilansir Tribal Football.

"Saya tidak terkejut jika sosok itu adalah Alex Ferguson. Karena Mou menunjukkan perubahan sikap yang sangat drastis sejak akhir November," lanjutnya.

Hal senada juga dilontarkan oleh legenda The Red Devils, Gary Neville. Dia menyebut kini MU telah kembali menunjukkan tanda-tanda kebangkitan di era Mourinho.

"Mereka sudah berada di jalur yang benar. Sudah terlihat seperti Manchester United yang sesungguhnya meski mereka tak bermain bagus melawan Liverpool," ujar Neville, seperti dikutip Daily Star.

"Mereka mendapatkan sesuatu di luar pertandingan tersebut, dan itu sangat penting. Mereka berhasil bangkit dari ketertinggalan dan mereka sulit untuk dikalahkan. Itu adalah pedoman utama dari tim mana pun," jelasnya.

Sir Alex Ferguson (kiri) dan Jose Mourinho.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya