Peran Besar Arsene Wenger Lahirkan Banyak Pemain Top Dunia

Manajer Arsenal, Arsene Wenger
Sumber :
  • Reuters / Alan Walter

VIVA.co.id – Arsenal memang masih belum bisa meraih kembali gelar juara Premier League. Namun, dibalik perjuangan armada Meriam London mendaratkan kembali trofi Premier League, ada sosok manajer handal dalam diri Arsene Wenger.

Leandro Trossard Menyela Ben White dengan Tegas, Akhiri Perdebatan Tentang Bintang Arsenal

Kali terakhir The Gunners menjuarai Premier League adalah di musim 2003/2004. Saat itu, Arsenal tak hanya menjadi juara, tapi mencatatk rekor tak terkalahkan dalam satu musim. Berkat pencapaiannya, Arsenal mendapat julukan The Invincible.

Prestasi tersebut sudah hampir satu dekade berlalu. Namun, sosok Wenger masih terus dipercaya menukangi klub yang berbasis di London Utara ini. 

Pengakuan Pochettino Usai Chelsea Dibantai Arsenal

Sepanjang 20 tahun kariernya bersama Arsenal, Wenger memang dikenal sebagai sosok yang punya andil besar menciptakan bintang-bintang baru. Tak hanya itu, ia juga mampu memoles para pemain yang datang, sebagai yang terbaik di dunia.

Sebut saja Thierry Henry, Nicholas Anelka, Patrick Vieira, Sol Campbell, Theo Walcott, Aaron Ramseyt, atau Jack Wilshere. Beberapa nama tersebut adalah pemain yang pernah merasakan sentuhan tangan dingin Wenger.

5 Fakta Menarik Arsenal Usai Pesta Gol ke Gawang Chelsea di Premier League

Sosok disiplin dan tegas yang dimiliki Wenger, tak hanya membuat seorang pemain tampil mengkilap di lapangan. Ia juga banyak memberikan nasihat yang membuat para pemainnya menjadi lebih dewasa.

"Anda mungkin berkata bahwa kami tidak memenangkan gelar (juara Premier League) dalam waktu yang lama. Tapi, dia (Wenger) bukan hanya membangun para pemain saja, dia juga membangun manusia seutuhnya. Setiap pemain yang pernah bermain untuk Arsenal, telah tumbuh di sini dan menjadi seorang manusia seutuhnya," kata Koscielny dikutip Arsenal.com.

"Bagi saya dan pemain lainnya, itu adalah sebuah kesempatan baik bisa bersama dengannya (Wenger) dan belajar darinya. Dia sangat bergairah dengan sepakbola. Dia mencintai sepakbola dan dia suka menyaksikan tim bermain baik dengan bola. Itu mengapa dia berada di sini selama (lebih dari) 20 tahun," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya