Geser Madrid, MU Jadi Klub Terkaya Dunia

Manchester United merayakan gol.
Sumber :
  • REUTERS/Phil Noble

VIVA.co.id – Real Madrid kini tak menjadi klub terkaya di dunia lagi. Status tersebut direbut oleh klub raksasa Inggris, Manchester United.

Hadapi MU, Atletico Madrid Tak Mau Terkecoh dengan Magis Ronaldo

Musim lalu, MU menjadi klub yang paling untung. Pendapatan sebesar €689 juta atau setara Rp9,8 triliun berhasil mereka raup.

Jumlah ini lebih besar €100 juta dari pendapatan musim lalu. Pendapatan tersebut juga menjadi yang terbesar bagi MU sejak 2004 silam.

Manchester United Diganggu COVID-19 Jelang Lawan Atletico Madrid

"MU harus menunggu belasan tahun untuk meraih posisi sebagai klub terdepan dalam keuntungan finansial. Dan perkembangan yang mereka raih termasuk fenomenal," kata Dan Jones, rekan dari Sports Business Group at Deloitte, seperti dilansir Soccerway.

Sedangkan Madrid justru mengalami penurunan posisi yang cukup drastis. Keuntungan Madrid di musim lalu turun signifikan.

Harry Maguire Belum Pantas Jadi Kapten Manchester United

Mereka akhirnya lengser ke posisi 3. Rival mereka, Barcelona, justru ada di belakang MU.

Di posisi 4 ada Bayern Munich. Lalu, Manchester City masuk ke posisi 5 peringkat klub terkaya musim lalu.

Leicester City berhasil membuat kejutan. Mereka masuk 20 besar deretan klub kaya Eropa. Itu setelah Leicester menjadi juara di Premier League 2015/16 dan menembus Liga Champions musim 2016/17.

"Uang di liga telah membuktikan kekuatan finansial Premier League yang begitu kuat. Penampilan Leicester di atas lapangan memberikan dampak pada posisi mereka di deretan 20 klub terkaya," terang manajer senior Deloitte, Tim Bridge. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya