Pujian Setinggi Langit Luis Milla untuk Pemain Indonesia

Luis Milla Latih Timnas Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id – Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) telah resmi menunjuk Luis Milla Aspas sebagai pelatih tim nasional. Juru taktik asal Spanyol itu diperkenalkan ke publik sebagai arsitek Skuat Garuda di Kantor PSSI, Grand Rubina Park, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat 20 Januari 2017.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Milla dalam perkenalannya mengatakan sudah melihat rekaman video pertandingan yang dilakoni timnas Indonesia. Meski begitu, dia tak segan mengeluarkan pujian setinggi langit. Dia menilai pemain Indonesia memiliki disiplin yang bagus.

(Baca juga: Resmi, Luis Milla Jadi Pelatih Timnas Indonesia)

Momen Tegang dan Panik Saat Bus Pawai Timnas U-22 Masuk Terowongan Semanggi

"Saya sudah melihat permainan timas Indonesia dari Video. Saya rasa mereka memiliki disiplin dan koordinasi yang bagus," ungkap eks pelatih timnas Spanyol U-23 tersebut.

Pemilihan Milla sebagai pelatih Skuat Garuda didasari dengan berbagai pertimbangan. Salah satunya ialah kemampuan dalam memformulasikan gaya bermain yang cocok untuk timnas Indonesia.  Karena kemampuannya itulah, PSSI memilihnya ketimbang Luis Fernandez.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Merespons keinginan PSSI, pria berusia 50 tahun itu berjanji akan mencapainya, dan siap mencari pemain yang sesuai dengan kebutuhan tim. "Saya akan mencoba mencari kriteria yang dibutuhkan agar dapat bermain lebih baik lagi," imbuhnya.

(Baca juga: Program Luis Milla: Terapkan Tiki Taka di Timnas Indonesia)

Tugas pertama Milla adalah membentuk tim yang dipersiapkan mentas di SEA Games 2017 Malaysia dan Kualifikasi Piala Asia U-23 2018 di China. Target yang diusung PSSI tak mudah, sebab mereka ingin publik Tanah Air bisa kembali melihat tim kebanggaan merengkuh trofi juara.

Kualifikasi Piala Asia U-23 akan lebih dahulu bergulir pada 15 Juli 2017 mendatang. Agustus 2017 Skuat Garuda akan tampil di SEA Games.  Dan melihat regulasi usia di kedua ajang, yakni kelahiran 1 Januari 1995 ke bawah, nampaknya Milla akan menggunakan pemain yang sama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya