Sudah Didegradasi, Wasit Premier League Salah Fatal Lagi

Wasit Mike Dean
Sumber :
  • Reuters / Toby Melville

VIVA.co.id – Wasit Mike Dean kemungkinan tidak akan kembali ke Premier League dalam waktu dekat. Diturunkan ke Championshiop Division, ia malah kembali melakukan keputusan fatal.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan Ngamuk ke Wasit

Dean terpaksa harus memimpin laga kasta kedua Liga Inggris setelah berkali-kali membuat keputusan kontroversial di Premier League. Tetapi, ia mengalami asal buruh pada hari Sabtu kemarin di markas Barnsley.

Saat Barnsley dalam posisi unggul 3-1 atas Leeds United, Dean memberikan hadiah penalti untuk Leeds setelah menilai ada handball.

Pelatih Persib Bandung Puji Kinerja Wasit

Masalahnya, bek Barnsley, Marc Roberts, terlihat menyentuh bola ketika masih berada di luar kotak penalti. Dean dinilai ceroboh karena posisinya dari bola sebenarnya sangat jauh, nyaris setengah lapangan.

Mulai Pekan 30, Liga 1 2021/22 Gunakan Asisten Wasit Tambahan

Untungnya buat Dean, gol Chris Wood memanfaatkan tendangan penalti tetap berujung pada kemenangan Barnsley 3-2 atas Leeds.

Tapi kesalahan fatal itu bisa membuat Dean tidak bisa kembali promosi ke Premier League dalam waktu dekat.

Pria 48 tahun itu mendapatkan kritik saat memimpin laga kemenangan Manchester United atas West Ham awal bulan kemarin, setelah memberikan Sofiane Feghouli kartu merah yang akhirnya dibatalkan dan membiarkan gol offside Zlatan Ibrahimovic.

Dean, yang diketahui memiliki gaya flamboyan saat menjadi wasit, juga mendapatkan kritik setelah tidak memberikan pelanggaran apapun saat pemain Everton, Ross Barkley, melancarkan tekel kotor pada pemain Liverpool, Jordan Henderson, Desember lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya