Rincian Tugas Bima Sakti Sebagai Asisten Pelatih Timnas

Asisten pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dede Idrus

VIVA.co.id – Sosok Bima Sakti Tukiman diketahui bukanlah nama yang asing di sepakbola Tanah Air. Sebagai mantan pemain, figur pria kelahiran Balikpapan 41 tahun lalu ini dikenal gelandang legendaris yang berpengalaman.

5 Fakta Marselino Ferdinan, Pemain Timnas yang Lagi Viral

Kini, eks penggawa PSSI Primavera tersebut dipercaya untuk mengisi posisi sebagai asisten pelatih Timnas Indonesia mendampingi pelatih asal Spanyol, Luis Milla. Melakoni peran baru usai belum lama gantung sepatu sebagai pemain, diakui Bima cukup memberikan tantangan tersendiri.

Lantas seperti apa rincian tugas dan tanggung jawab Bima sebagai jajaran tim pelatih skuat Merah Putih? Apakah juga masih ada kaitannya sebagai mantan pemain lini tengah tim nasional? Bima Sakti pun coba menuturkannya.  

5 Fakta Iwan Bule Trending di Twitter Karena Unggahan Situs PSSI

“Ya, meski tak secara langsung tapi saya memang cukup menyoroti lini tengah sebagai hal yang dititikberatkan. Secara umum kami para asisten memang juga kerap fokus terhadap hal-hal di luar non-teknis seperti mental, kedisiplinan serta bagaimana para pemain menjaga kondisinya,” ungkap Bima, kepada VIVA.co.id, Senin 20 Februari 2017.

“Sebagai mantan pemain yang baru saja gantung sepatu dan punya karier cukup lama di sepakbola nasional, saya di sini memposisikan diri untuk menjadikan aspek terbangunnya komunikasi dalam tim dan pendalaman karakter tiap pemain sebagai porsi utama tugas asisten Luis Milla,” tambahnya.

Gelar TC di JIS, Timnas Indonesia U-16 Panggil 34 Pemain

Selain Bima, Luis Milla juga memiliki dua asisten pelatih lainnya yakni Miguel Gandia dan Eduardo Perez. Jajaran tim pelatih tim nasional ini akan memulai kiprahnya menangani langsung armada Merah Putih pada 21-23 Februari 2017 saat berlangsungnya seleksi pemain tahap pertama tim nasional U-22 di Karawaci, Tangerang, Banten.

Viral Momen Tegang dan Panik Saat Bus Pawai Timnas U-22 Masuk Terowongan

Momen Tegang dan Panik Saat Bus Pawai Timnas U-22 Masuk Terowongan Semanggi

Ditengah berjalannya pawai Timnas Indonesia itu terjadi hal yang menegangkan, yaitu momen ketika mobil trans Jakarta yang menjadi kendaraan imnas memasuki terowongan

img_title
VIVA.co.id
19 Mei 2023