FC Porto Vs Juventus: Duel Dua Tim On Fire

Selebrasi gol para pemain Juventus.
Sumber :
  • REUTERS/Giorgio Perottino

VIVA.co.id - FC Porto akan menjamu Juventus di Estadio Do Dragao di leg 1 babak 16 besar Liga Champions, Kamis 23 Februari 2017 dini hari WIB. Ini menjadu duel tim yang sama-sama tengah on fire.

5 Fakta Menarik Juventus Melangkah ke Final Coppa Italia

Porto saat ini berada di posisi kedua klasemen sementara Premier League Portugal dengan 53 poin. Mereka hanya kalah satu angka saja dari Benfica yang berada di posisi teratas.

Selain itu, Porto juga tidak terkalahkan dalam 7 laga terakhirnya. Tim asuhan Nuno Espirito ini melaju ke babak 16 sebagai runner up Grup G.

Inter Milan Pastikan Scudetto Bintang Kedua, Ini 7 Tim Tersukses di Serie A

Walau begitu, Leonardo Bonucci meminta rekan-rekannya di Juventus tak meremehkan Porto. Menurutnya, I Bianconeri harus tampil hebat untuk bisa menjaga kans lolos ke babak selanjutnya.

"Mungkin Porto bukan tim besar bila dibandingkan dengan tim lain yang finis di posisi kedua di grup, tapi ada rasa hormat dari tim kami," kata Bonucci, dilansir dari Football Italia.

Prediksi Semifinal Coppa Italia: Lazio vs Juventus

"Untuk itu, hal itu akan membutuhkan Juve yang benar-benar hebat untuk melanjutkan perjalanan di Liga Champions," lanjutnya.

Juventus sendiri masih belum tergusur dari puncak klasemen Serie A. Tim asuhan Massimiliano Allegri meninggalkan jauh para rivalnya dalam perebutan scudetto musim ini.

Tercatat, mereka tidak terkalahkan dalam enam laga terakhirnya di ajang Serie A. Ini tak lepas dari perubahan taktik Allegri, yang kini lebih memilih menerapkan formasi menyerang 4-2-3-1.

"Sekarang kami telah menemukan formasi yang meningkatkan kemampuan kami dan memungkinkan kami memainkan gaya yang lebih Eropa. Pelatih pantas dipuji atas penemuan formula ini," ujar Bonucci.

Saling Waspada

Pemain Juventus, Alex Sandro, mengingatkan rekan-rekannya untuk mewaspadai potensi yang dimiliki Porto. Sandro memang paham betul akan Porto.

Dia sempat membela Porto selama empat musim, sebelum akhirnya hijrah ke Juventus pada 2015. Menurutnya, Porto memiliki daya juang yang hebat.

"Juventus harus mewaspadai daya juang Porto. Mereka akan terus bertempur hingga akhir pertandingan. Apalagi mereka akan bermain di Estadio Do Dragao, sudah pasti mereka akan memberikan kami banyak kesulitan.

"Saya senang bisa kembali ke Do Dragao. Namun saya akan bertanding sebagai pemain Juventus dan akan berjuang untuk meraih kemenangan. Kami telah berlatih secara intensif jelang laga ini," lanjutnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Medhi Benatia. Bek Juventus ini menilai timnya bakal menjalani laga sulit  di Estadio Do Dragao.

"Tidak ada pertandingan yang mudah di Liga Champions, dan Porto akan menggunakan akal mereka pada level ini," ucap Benatia.

"Kami tahu akan menjalani laga sulit di Dragao, namun salah satu tujuan kami adalah melangkah sejauh mungkin di Liga Champions dan untuk melakukannya, kami harus menjalani tugas pada pertandingan seperti ini," sambungnya dilansir Football-Italia.

Fakta dan Data Kedua Tim

Lawan Juventus ke markas FC Porto di Estadio Do Dragao nanti akan menjadi pertemuan ketiga. Sebelumnya, kedua tim sudah saling berhadapan di fase Grup Liga Champions musim 2001/2002.

Pada saat itu Juventus berhasil menang 3-1 di Turin, setelah sebelumnya ditahan imbang 0-0 di Portugal.  Pada perjumpaan nanti, kedua tim memiliki catatan cukup baik.

Sebelum menyaksikan duel keduanya, kita simak beberapa fakta menarik dari kedua tim. Berikut fakta-fakta menarik yang dirangkum dari situs UEFA:

1.   Juventus tidak pernah kalah saat berhadapan dengan Porto di semua kompetisi.

2. Porto tidak pernah kalah di partai kandang Liga Champions melawan wakil asal Italia dalam 24 tahun terakhir (M1 S4).

3. AC Milan adalah tim Italia terakhir yang menang di markas Porto pada ajang Liga Champion di tahun 1993.

4. FC Porto hanya satu kali masuk ke fase knockout Liga Champions dari enam keikutsertaan terakhir mereka.

5. Porto hanya kalah satu kali di 14 laga kandang terakhir mereka di Liga Champions (M7 S6 K1).

6. Porto juga hanya gagal mencetak gol satu kali di 12 laga kandang terakhir mereka di Liga Champions.

7.  Porto mencatatkan 3 clean sheet di 3 pertandingan terakhir mereka di Liga Champions

8. Juventus selalu menang di tiga laga tandang terakhir mereka di Liga Champions, dengan mencetak 8 gol dan kebobolan 1 gol saja.

Statistik Kedua Tim
Head to Head

23/10/01  Juventus  3 - 1  FC Porto (UCL)
10/10/01  FC Porto  0 - 0  Juventus (UCL)

5 Pertandingan Terakhir FC Porto
21/01/17  FC Porto  4 - 2  Rio Ave 
29/01/17  Estoril  1 - 2  FC Porto
05/02/17  FC Porto  2 - 1  Sporting CP
12/02/17  Vitória Guimarães  0 - 2  FC Porto
18/02/17  FC Porto  4 - 0  Tondela
 
5 Pertandingan Terakhir Juventus
29/01/17  Sassuolo  0 - 2  Juventus
06/02/17  Juventus  1 - 0  Inter Milan
09/02/17  Crotone  0 - 2  Juventus
13/02/17  Cagliari  0 - 2  Juventus
18/02/17  Juventus  4 - 1  Palermo

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya