Begini Metode Seleksi Pemain Timnas U-19

Suasana seleksi pemain timnas Indonesia U-19 di Surabaya
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal (15/2/2017)

VIVA.co.id – Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, masih mencari pemain di sejumlah daerah demi mendapatkan materi tim terbaik guna menghadapi Piala AFF 2017 mendatang. Indra pun sudah terjun langsung ke beberapa tempat demi memantau pemain-pemain incarannya.

Mantan Kapten Timnas Indonesia U-19, Nurhidayat Gabung Klub Filipina

Sebenarnya, bagaimana cara Indra merekrut pemain yang diproyeksikan mengisi skuat Timnas U-19?

Ada dua tahapan seleksi yang telah disusun Indra. Pertama adalah seleksi daerah, kemudian berlanjut ke tingkat regional.

Piala AFF Ganti Nama, Catat Tanggalnya! Timnas Indonesia Pecah Telur Tahun Ini?

Selanjutnya, para pemain yang lolos ke tingkat regional bakal berkumpul dalam seleksi nasional. Seleksi nasional pun berlangsung dalam dua gelombang, 1 hingga 4 Maret 2017, diisi 40 pemain, dan 5 sampai 8 Maret 2017, dengan 20 pemain yang ikut.

Rencananya, seleksi nasional akan digelar di National Youth Training Center, Sawangan, Depok.

Respons PSSI Usai Dokter Gadungan Timnas Indonesia dan Klub Liga 1 Ditangkap

"Perkembangan Timnas U-19, sampai sekarang masih tahap pencarian pemain. Sesuai dengan rencana awal, sampai 27 Februari 2017. Diawali dengan tingkat daerah, sekarang sudah berjalan tiga hari ini dan masuk tingkat regional, ada 5 titik yang sedang bergulir," ujar Indra kepada VIVA.co.id, Rabu 22 Februari 2017.

Indra mengaku sudah mengantongi beberapa nama pemain yang lolos seleksi nasional gelombang pertama. Mereka yang akan ikut seleksi gelombang pertama, ternyata merupakan pemain yang berlaga di sejumlah kompetisi usia dini dan sudah pernah membela Timnas U-16 dan U-19.

"Sejauh ini, nama-nama pemain yang lolos hingga seleksi nasional (gelombang pertama) sudah resmi saya pegang. Terdiri dari hasil penjaringan di Piala Soeratin, antar Diklat, eks U-16 dan U-19 sebelumnya. Nantinya, untuk gelombang kedua diisi pemain-pemain baru hasil pemantauan," kata Indra. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya