Klub Premier League Kembali Diincar Perusahaan Kaya China

Pemain Southampton, Nathan Redmon, usai bobol gawang Liverpool.
Sumber :
  • Action Images via Reuters / John Sibley

VIVA.co.id – Konsorsium asal China, termasuk perusahaan material raksasa Amer International dan CITIC Securities Co Ltd, siap membeli klub Premier League, Southampton, dengan dana 246 juta poundsterling!

VIDEO: Drama 5 Gol, Tottenham Hotspur Terkapar di Kandang

Tawaran yang kurang lebih seharga Rp4 triliun tersebut membuat persaingan pembelian Southampton memanas. Sebelumnya pada Januari lalu, Lander Sports Development mengutarakan ketertarikannya.

Menurut Reuters, konsorsium baru ini, termasuk beberapa investor swasta, berniat mengambil alih 100 persen saham klub Inggris tersebut dengan harga 2,1 miliar Yuan.

Tragis, Tottenham Hotspur Dipermalukan Southampton

Namun, tawaran uang besar dari China itu kerap menemui masalah. Beberapa perusahaan negeri Tiongkok belakangan sulit berinvestasi karena tak dapat izin dari pemerintah China di Beijing.

Masih dilansir dari Reuters, beberapa pengamat industri China mengatakan kesepakatan yang berhubungan dengan olahraga beberapa kali gagal setelah Beijing mengatakan investasi tersebut "irasional". Bukan hanya olahraga, bisnis yang fokus di bidang perhotelan dan hiburan juga dapat kesulitan serupa.

Southampton Vs Manchester City, Waspada Tendangan Bebas Terbaik

"Keinginan mengambil alih sebuah klub EPL tak sejalan dengan keinginan Presiden saat ini," ujar orang dalam yang tak disebutkan identitasnya tersebut.

Sampai saat ini, pihak Amer International dan CITIC Securities belum berkomentar terkait keinginan ini.

Kalau kesepakatan ini terjadi, Southampton akan satu nasib dengan Manchester City, West Bromwich Albion, dan klub kasta kedua, Aston Villa, Birmingham City, dan Wolverhampton Wanderers yang merasakan uang China.

Saat ini, Southampton sedang menduduki peringkat 11 Premier League. Mereka akan menghadapi Manchester United pada laga final Piala Liga, Minggu, setelah mengalahkan Liverpool di Anfield, bulan lalu di semifinal. The Saints terakhir kali memainkan laga final di Wembley pada 1979 silam. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya