Peta Peluang Demi Tiket ke Perempat Final Liga Champions

Para pemain Barcelona meryakan gol Lionel Messi
Sumber :
  • REUTERS/Albert Gea

VIVA.co.id – Leg pertama babak 16 besar Liga Champions telah rampung dilaksanakan, Kamis 23 Februari 2017 lalu. Beberapa tim, seperti Paris Saint Germain, Real Madrid, dan Bayern Munich sudah melangkahkan satu kakinya di babak perempat final. Saat ini fokus utama mereka adalah mempertahankan skor positif di leg kedua mendatang. 

Pemain Pinjaman Barcelona Sebut Pep Guardiola Pembohong: Dia Tak Ingat istri dan Anak Saya Dirampok

Namun bukan Liga Champions jika tidak menghadirkan luka. Babak 16 besar leg pertama membuat beberapa klub merasakan kejamnya kompetisi paling bergengsi di daratan Eropa tersebut. 

Arsenal menjadi salah satu tim yang meradang di babak 16 besar. Bertemu dengan Bayern Munich di babak 16 besar Liga Champions membuat mereka digadang-gadang kembali kandas di fase ini. Skuat asuhan Arsene Wenger akhirnya menelan kekalahan telak 1-5 di leg pertama, Kamis 16 Februari 2017 lalu. 

Tak Mampu Bayar Jaminan, Dani Alves Masih Mendekam di Penjara

Kekalahan Barcelona atas Paris Saint Germain juga menjadi sorotan. Takluk dengan 0-4, Rabu 25 Februari 2017 lalu membuat mereka harus menjalani misi mustahil untuk lolos ke babak perempatfinal Liga Champions. 

Raksasa-raksasa Eropa yang mendapatkan hasil positif, seperti Real Madrid menang atas Napoli dengan skor 3-1 (16 Februari 2017), Benfica mengandaskan perlawanan Borussia Dortmund dengan skor 1-0 (15 Februari 2017), Manchester City secara mengejutkan menang atas AS Monaco dengan skor 5-3 (Rabu 22 Februari 2017), Juventus mengalahkan Porto dengan skor 2-0 (23 Februari 2017) dan Sevilla yang menekuk Leicester City dengan skor 2-1 (23 Februari 2017). 

Barcelona Tak Sudi Tenaga Pemainnya Diperas Timnas Spanyol

Berikut, rangkuman pertemuan tim-tim di bentrokan babak 16 besar Liga Champions. 

Benfica 1-0 Borussia Dortmund, 15 Februari 2017

Pertemuan kedua tim menjadi yang pertama dalam sejarah. Sebelum laga, Dortmund menjadi tim yang diunggulkan di laga ini. Modal penting dibawa skuat asuhan Thomas Tuchel setelah sukses melaju ke babak 16 besar dengan status juara Grup F. Mereka mengumpulkan 14 poin dari enam laga. 

Namun hasilnya berbeda, Benfica ternyata sukses mengandaskan Dortmund dengan skor tipis 1-0. Satu gol Benfica diciptakan oleh Konstantinos Mitroglou di menit ke-48. 

Meski begitu, Benfica belum bisa bernafas lega, sebab Dortmund bisa saja membalikkan keadaan di leg kedua nanti, mengingat mereka memiliki catatan positif dengan tidak terkalahkan di 16 pertandingan terakhirnya di laga kandang.

Terakhir Dortmund sukses mengandaskan perlawanan Wolfsburg di lanjutan ajang Bundesliga dengan skor telak 3-0, Sabtu 18 Februari 2017 lalu. 

Paris Saint Germain 4-0 Barcelona, 15 Februari 2017

Banyak pihak tidak menyangka tim unggulan di Liga Champions, Barcelona takluk dengan skor telak 0-4 dari Paris Saint Germain. Bermain di Parc des Princes, skuat asuhan Luis Enrique tertekan sejak menit awal laga. 

Hasilnya, empat gol bersarang di gawang Marc-Andre ter Stegen. Empat gol tersebut diciptakan oleh Angel di Maria (18', 55'), Julian Draxle (40'), Edinson Cavani (71'). Meski sulit, Barca bukan tanpa peluang untuk mendapatkan tiket ke perempat final Liga Champions. 

Skor telak pernah mereka ciptakan di kandang dalam ajang Liga Champions. Masih belum hilang dari ingatan ketika mereka sukses mencukur ManCity dengan skor 4-0 di bulan Oktober 2016 lalu. Celtic juga pernah merasakan keganasan Blaugrana setelah mereka takluk dengan skor 0-7, September 2016 lalu di ajang yang sama. 

Real Madrid 3-1 Napoli, 16 Februari 2017

Real Madrid tidak terlalu kesulitan untuk menjamu wakil Italia, Napoli. Bermain di kandang, mereka membuktikan diri sebagai tim dengan kans besar untuk menjuarai Liga Champions. 

Mereka sukses menyarangkan tiga gol melalui Karim Benzema (18'), Toni Kroos (49') dan Casemiro (54'). Dan satu gol Napoli diciptakan oleh Lorenzo Insigne di menit ke-8. 

Meski sudah unggul dengan selisih dua gol, skuat asuhan Zinedine Zidane wajib waspada atas Napoli. Ya, selain memiliki modal gol tandang, mereka juga dalam penampilan terbaiknya di laga kandang. Tercatat, mereka belum terkalahkan di 12 laga kandang terakhirnya. 

Bayern Munich 5-1 Arsenal, 16 Februari 2017

Peluang Bayern Munich untuk lolos ke perempat final Liga Champions terbuka lebar setelah sukses mencukur Meriam London dengan skor 5-1. Tampil di kandang, lima gol Bayern diciptakan oleh Arjen Robben (11'), Robert Lewandowski (53'), Thiago Alcantara (56', 63') dan Thomas Muller (88'). 

Bagi Arsenal, hasil ini menjadi jalan berat. Jika mereka gagal mengandaskan Bayern, ini menjadi kali ke tujuh mereka gagal melewati babak 16 besar Liga Champions. 

Untuk mengalahkan Bayern, Arsenal setidaknya wajib mencetak empat gol tanpa balas di Emirates Stadium. 

Manchester City 5-3 AS Monaco, 22 Februari 2017

Manchester City mendapat hasil positif di babak 16 besar Liga Champions setelah mengandaskan AS Monaco. Hasil 5-3 membuat mereka melangkahkan satu kakinya di babak perempat final. 

Jika sukses lolos ke babak selanjutnya, ManCity bisa menyelamatkan muka Inggris sebab satu wakil Inggris lain, Leicester City kandas dari Sevilla dengan skor 1-2. 

Bayer Leverkusen 2-4 Atletico Madrid, 22 Februari 2017

Kemenangan Atletico Madrid atas Bayer Leverkusen sudah diperkirakan sebelumnya. Dominasi wakil Spanyol ini terlihat dengan menjuarai Grup D dengan raihan 15 poin. Sedangkan Leverkusen hanya mengumpulkan 10 poin dan lolos ke babak 16 besar Liga Champions dengan raihan 10 poin. 

Meski bermain di laga tandang, Atletico Madrid berhasil menyarangkan empat gol melalui Saul (17'), Antoine Griezmann (25'), Kevin Gameiro (58') dan Fernando Torres (86'). Sedangkan dua gol Leverkusen diciptakan oleh Karim Bellarabi (48') dan gol bunuh diri dari Stefan Savic (67'). 

Tiket ke babak perempat final Liga Champions kemungkinan diraih oleh Atletico Madrid. Ya, selain mendapat kemenangan 4-2 di leg pertama, mereka juga diuntungkan dengan tampil di publik sendiri di leg kedua mendatang, 16 Maret 2017. 

Porto 0-2 Juventus, 23 Februari 2017 

Porto tidak mampu membendung kedigdayaan Juventus di leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Takluk dengan skor 0-2 membuat Porto harus berjuang ekstra di leg kedua, 15 Maret 2017 mendatang. 

Bagi Juventus kemenangan tersebut membuat mereka sedikit bernafas lega. Di leg kedua nanti, mereka hanya membutuhkan hasil imbang untuk merebut tiket ke perempat final Liga Champions. 

Catatan positif mereka di laga kandang juga bisa menjadi modal penting mereka. Tercatat mereka meraih enam kali kemenangan beruntun di laga kandang dalam segala ajang. 

Sevilla 2-1 Leicester City, 23 Februari 2017

Inggris kemungkinan besar kehilangan wakilnya, Leicester City di babak 16 besar Liga Champions. Takluk dengan skor 1-2 dari Sevilla menjadi pertanda buruk skuat asuhan Claudio Ranieri. 

Namun peluang mereka untuk menjadi klub dongeng di Liga Champions tidak tertutup. Satu gol tandang dan tampil di depan publik sendiri di leg kedua mendatang bisa memompa semangat The Foxes untuk bisa lolos ke perempat final Liga Champions. 

Bagi Sevilla, kemenangan 2-1 menjadi pertanda baik bagi. Modal pengalaman di Eropa, mereka bisa saja kembali meraih kemenangan di King Power Stadium. Di 10 musim terakhir mereka sukses mempersembahkan trofi Liga Champions di musim 2006/2007, serta menjadi juara Liga Europa tiga kali berturut-turut (2013/2014, 2014/2015 dan 2016/2016) lalu. 


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya