Seleksi Timnas U-19 Zona Sulawesi Diikuti 45 Pemain Muda

Asisten Pelatih I Timnas Indonesia U-19, Miftahuddin
Sumber :
  • Yasir (Makassar)/ VIVA.co.id

VIVA.co.id – Timnas Indonesia U-19 terus melakukan pencarian pemain di sejumlah daerah demi mendapatkan materi tim terbaik guna menghadapi Piala AFF 2017 mendatang. Khusus di zona Sulawesi, sebanyak 45 pemain muda yang masing-masing tersebar dari Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat hingga Sulawesi Tenggara, mengikuti seleksi di Lapangan Kodam VI Makassar, Jumat, 24 Februari 2017.

Mantan Kapten Timnas Indonesia U-19, Nurhidayat Gabung Klub Filipina

Asisten Pelatih I Timnas Indonesia U-19, Miftahuddin menjelaskan pihaknya telah manyusun tahapan seleksi, yakni seleksi daerah, kemudian berlanjut ke tingkat regional. Selanjutnya, para pemain yang lolos ke tingkat regional bakal berkumpul dalam seleksi tingkat zona provinsi lalu ke tingkat seleksi nasional.

"Kami tidak mematok berapa yang akan terjaring. Intinya semua pemain yang terbaik di sini (Sulawesi) akan diambil untuk ke tingkat nasional," kata Maftahuddin usai memantau seleksi masing-masing pemain muda terbaik dari beberapa provinsi di Sulawesi itu.

Respons PSSI Usai Dokter Gadungan Timnas Indonesia dan Klub Liga 1 Ditangkap

"Nanti akan kita bandingkan dengan hasil pantauan dari daerah lain. Hasilnya ini kita akan laporkan kepada coach Indra Sjafri," tambahnya.

Mifta belum mau menyebut siapa-siapa saja yang akan diboyong ke seleksi nasional dari 45 pemain itu. Ia mengatakan, hasilnya akan diumumkan jelang seleksi nasional nantinya.

Timnas Indonesia U-19 Panggil 34 Pemain Jalani TC Persiapan AFF U-19, Berikut Daftar Lengkapnya!

"Seleksi nasionalnya berlangsung dalam dua gelombang, 1 hingga 4 Maret, itu 40 pemain. Lalu tahap dua, 5 sampai 8 Maret, 20 pemain yang ikut. Kita akan panggil secara bertahap," katanya.

Dua Pemain PSM Makassar

Mifta mengungkapkan, dua pemain muda PSM Makassar dipastikan masuk dalam seleksi Timnas Indonesia U-19. Kedua pemain itu yakni Hasnawi Mangkualam Bahar dan Nur Hidayat.

Kedua pemain tersebut bakal langsung mengikuti seleksi tingkat nasional tanpa harus mengikuti seleksi tingkat zona. Namun, keduanya harus menunggu perampungan seleksi tingkat Asprov digelar.

"Ya, mereka langsung (seleksi) nasional. Kita kan sudah tahu kualitas mereka berdua," ungkapnya.

"Tetap dia akan diseleksi, kan masih ada juga tahapan Asprov yang digelar di sejumlah daerah masih berjalan."

Rencananya, seleksi nasional akan digelar di National Youth Training Center, Sawangan, Depok dalam dua gelombang seleksi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya