Keunggulan Timnas Indonesia Besutan Luis Milla

Pelatih Timnas U-23, Aji Santoso (hitam)
Sumber :
  • NineSport

VIVA.co.id – Mantan pelatih Timnas Indonesia U-23, Aji Santoso buka suara soal pembentukan skuat yang dilakukan arsitek anyar Luis Milla. Dia melihat ada sejumlah keuntungan yang didapatkan pelatih asal Spanyol itu.

Kekecewaan Luis Milla Usai Persib Bandung Gagal Raih Poin Penuh di Kandang

Menurut Aji yang membimbing Tim Garuda tampil di pentas SEA Games 2015 lalu, tengat waktu panjang yang diberikan jelang tampil di SEA Games 2017 dan materi pemain adalah beberapa keunggulan yang didapatkan Luis Milla.

"Timnas yang saya tangani dan yang sekarang sangat jauh berbeda. Dari segi durasi waktu, Luis Milla punya waktu lebih panjang, saya dulu hanya 20 hari," kata Aji Santoso, Jumat, 24 Februari 2017.

Luis Milla Akui Blunder saat Persib Imbang dengan Arema

Dari sejumlah nama yang dipanggil masuk seleksi, beberapa terbilang sudah matang, seperti Evan Dimas, Hargiyanto, dan Zulfiandi. Menurut Aji, itu menjadi keuntungan lain buat Luis Milla. Sebab para pemain yang sempat tampil di Timnas U-19 dan U-23 pada turnamen lalu, sekarang sudah semakin kaya akan pengalaman dan lebih terasah di kompetisi lokal serta internasional.

"Sekarang ditambah materi pemain yang terbiasa berkompetisi di liga seperti Febrianto dan Hansamu Yama, jadi menurut saya ini adalah generasi terbaik," kata Aji menambahkan.

Persib Bandung Matangkan Persiapan Jelang Lawan MU

Dengan keunggulan yang dimiliki, serta nama besar Luis Milla, Aji menilai wajar dan masuk akal bila PSSI menargetkan medali emas pada multievent di Kuala Lumpur, Malaysia pada Agustus 2017 mendatang.

"Ditambah materi pemain bagus pemain-pemainya juga pengalaman di kompetisi juga jadi sangat tepat sekali jika ditargetkan emas. Menurut saya ini kesempatan luar biasa, Luis Milla juga kalau kita lihat track recordnya, pelatih yang cukup punya prestasi.” (mus)

Lihat video Luis Milla melatih Timnas Indonesia di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya