FIFA Janjikan Tambahan Jatah Bagi Afrika di Piala Dunia

Presiden FIFA, Gianni Infantino.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Presiden Asosiasi Sepakbola Dunia (FIFA), Gianni Infantino, menjanjikan Afrika akan dapat tambahan jatah mulai Piala Dunia 2026. Selama ini Benua Hitam itu hanya mendapat kuota lima negara di turnamen akbar empat tahunan tersebut. Berapa banyaknya, masih belum dipastikan.

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Janji Infantino ini disampaikannya saat mengunjungi Ibu kota Ghana, Accra. Sejak 1998, Piala Dunia biasanya diikuti oleh 32 negara. Dan pada tahun 2026, FIFA memutuskan akan menambah negara peserta menjadi 48 negara, setelah Dewan FIFA secara aklamasi sepakat untuk memperluas pesta sepak bola terbesar dunia tersebut.

Nantinya, sebanyak 48 tim tersebut akan dibagi ke dalam 16 grup pada babak penyisihan grup. Setiap grup akan dihuni tiga tim. Jumlah pertandingan pun meningkat dari 64 menjadi 80 laga dengan perkiraan waktu turnamen mencapai 32 hari.

6 Tim Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Gimana Peluang Timnas Indonesia?

"Negara-negara Afrika akan mendapat lebih dari tujuh kuota. Dan sampai saat ini kami (FIFA) masih mengkaji hal tersebut," kata Infantino, yang dilansir Super Sport.

Kunjungan FIFA ke Afrika bukan tanpa alasan. FIFA menginvestasikan dana sebesar USD27 juta - USD94 juta untuk membantu pengembangan olahraga. (ren)

FIFA Putuskan Stadion Ini Jadi Venue Final Piala Dunia 2026
Shin Tae-yong dan Ragnar Oratmangoen

Pengakuan Jujur Shin Tae-yong soal Peluang Timnas Indonesia Lolos Piala Dunia 2026

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong buka suara soal peluang Timnas Indonesia lolos ke Piala Dunia 2026. Piala Dunia 2026 akan digelar di Kanada, Meksiko, dan Amerika.

img_title
VIVA.co.id
31 Maret 2024