Hanya Satu Pengganti Ideal Wenger Menurut Statistik

Manajer Arsenal, Arsene Wenger.
Sumber :
  • Reuters / Andrew Couldridge

VIVA.co.id – Spekulasi tentang siapa yang cocok menggantikan Arsene Wenger, untuk menangani Arsenal musim depan, terus terjadi dengan banyak nama dikait-kaitkan. Berdasarkan data statistik, diklaim hanya satu orang yang ideal.

5 Pelatih di Premier League dengan Raihan Kemenangan Terbanyak

Dilansir dari Mirror, Jumat, 3 Maret 2017, rumah taruhan bwin membuat analisis berdasarkan statistik. Temuan mereka didasari dari data semua penunjukan klub-klub top Eropa selama satu dekade terakhir.

Ternyata hanya ada satu nama yang dianggap sebagai pengganti ideal. Sebelumnya, disebutkan bahwa Thomas Tuchel adalah nama paling atas, dalam daftar empat calon yang dilirik petinggi Arsenal.

Terbaru Pep Guardiola, Ini 5 Pelatih dengan Torehan 200 Kemenangan Tercepat di Premier League

Namun, bos Borussia Dortmund itu terliminasi, dalam analisis yang dibuat bwin. Tuchel dicoret karena dia bukan mantan pemain top, dan hanya pernah bermain sebentar untuk klub kasta kedua Stuttgarter Kickers, serta SSC Ulm di kasta terbawah sepakbola Jerman.

Hanya 28 persen mantan pemain tak terkenal, yang bisa mencapai sukses sebagai manajer. Sementara, manajer dari Eropa tapi bukan negara yang sama, hanya memiliki 54 persen kesuksesan. Nama bos Atletico Madrid Diego Simeone pun dicoret.

Ange Postecoglou Ikuti Jejak Arsene Wenger dan Luis Felipe Scolari

Usia juga jadi faktor, dengan mereka yang sudah berusia 40-an tahun dianggap lebih baik. Kemudian, hanya 17 persen mantan pelatih timnas, yang bisa bagus pada level klub.

Data paling menarik adalah kecilnya pengaruh pengalaman di Premier League, yaitu hanya 35 persen. Setelah semua nama diseleksi berdasarkan beberapa faktor, tersisa satu nama yaitu bos Juventus Massimiliano Allegri.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Blak-blakan, Shin Tae-yong Ungkap Pelajari Gaya Pelatih Legendaris Ini

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengaku menjadikan Arsen Wenger sebagai sumber inspirasinya. Dia awal kariernya sebagai pelatih, dia banyak belajar dari Wenger.

img_title
VIVA.co.id
7 Maret 2024