Nilai Kontrak Essien di Persib Setara Kompleks Latihan Mewah

Michael Essien Resmi Gabung Persib Bandung
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Novrian Arbi

VIVA.co.id – Pekan ini, publik sepakbola nasional digemparkan dengan kabar bergabungnya eks gelandang Chelsea, Michael Essien, ke Persib Bandung. Essien gabung ke Persib dengan nilai kontrak yang terbilang luar biasa di pentas sepakbola Indonesia.

Persib Bandung dalam Atmosfer Bagus Jelang Lawan Borneo FC

Transfermarkt menaksir harga Essien mencapai Rp11,5 miliar per tahunnya. Tapi, dari sumber internal, nominal kontrak Essien tak melebihi Rp10 miliar. Cuma sekitar Rp8,5 miliar per tahun.

Sebenarnya, bisa dikatakan ini pembelian yang mubazir. Dengan uang Rp8,5 miliar, Persib mampu membangun kompleks latihan mewah dengan membebaskan lahan yang kosong di Bandung.

Respons Pelatih Persib Usai Championship Series Liga 1 Dipastikan Pakai VAR

Perbandingannya adalah saat PSSI membangun National Youth Training Center di Sawangan, Depok. Saat itu, PSSI mendapatkan FIFA Goal Project yang nilainya mencapai US$500 ribu.

Jika dikonversi menjadi rupiah, PSSI mendapatkan uang Rp6,6 miliar. Lewat uang tersebut, PSSI bisa mengubah lapangan bobrok di Sawangan menjadi berkualitas, dengan rumput sintetis.

Erick Thohir Beri Kabar Baik soal Nathan Tjoe-a-On, Bisa Bela Timnas Indonesia Vs Korea Selatan

Tak cuma itu, PSSI juga bisa membangun lapangan futsal bertaraf internasional dan memperbaiki mess pemain di Sawangan.

Sampai sekarang, Persib masih menumpang latihan di Lapangan Lodaya. Lapangan ini sejatinya dikelola oleh Pemerintah Kota Bandung. (ren)

Pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak

Pelatih Persib Puji Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23

Pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak memberikan pujian atas pencapaian Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024 Qatar.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024