Bukti Persib Lebih Populer dari Persija bahkan Liverpool

Para pemain Persib Bandung.
Sumber :
  • Indonesiansc.com

VIVA.co.id – Persib Bandung boleh berbangga memiliki pendukung yang loyal. Tak hanya di Indonesia, Bobotoh (sebutan fans Persib) menunjukkan eksistensi di mata dunia.

Nick Kuipers: Persib Bandung Harusnya Ungguli Persita 4-0 di Babak Pertama

Dalam sebuah poling di situs thetoptens.com, klub berjuluk Maung Bandung itu memiliki tingkat kepopuleran yang masuk dalam 10 besar dunia. Klub-klub elit Eropa seperti Liverpool, Arsenal dan Juventus, kurang populer dibanding Persib. Yang menarik, rival abadi Persib, Persija Jakarta tak masuk 20 besar. Tim ibu kota ini hanya berada di posisi 38.

Thetoptens.com sendiri adalah situs yang memberikan kesempatan pada tiap pengunjung di dunia memberikan suara terhadap segala hal termasuk sepakbola dan klub sepakbola. Dalam situs ini, pemilih (voter) dapat memberikan komentar tentang pilihannya di kategori yang bersangkutan.

Kunci Persita Tangerang Imbangi Persib Bandung meski 2 Kali Tertinggal

Hasilnya, klub paling populer di dunia saat ini, versi thetoptens.com adalah Barcelona, diikuti Real Madrid di peringkat kedua. Persib sendiri berada di urutan keenam.

"Persib bukan hanya sebuah klub sepakbola, tapi sudah mendarah daging dan menjadi tradisi Jawa Barat dan Bandung, yang diturunkan dari zaman kakek, bahkan anak saya nanti. Persib akan selalu di hati kami, apa pun yang terjadi, kami akan selalu mendukung Persib," tulis komentar seorang voter.

5 Fakta Menarik Persib Bandung Ditahan Imbang Persita Tangerang di Liga 1

"Persib pernah bertanding melawan AC Milan, PSV Eindhoven dan banyak lagi. Ruud Gullit dan Marco van Basten pernah melawan Persib juga. Kami menyebut diri kami Viking, suporter terbaik. Jika Anda meragukan kami, silakan datang ke kota kami, Bandung, Paris van Java, Jawa Barat, Indonesia," tulis voter lain.

Pamor Persib di mata dunia semakin meroket setelah mereka berhasil mendatangkan mantan pemain Chelsea dan Real Madrid, Michael Essien. Pemain asal Ghana tersebut dikontrak selama satu musim, tepat di hari ulang tahun klub, 14 Maret lalu.

10 klub terpopuler di dunia versi thetoptens.com:

1. Barcelona
2. Real Madrid
3. Manchester United
4. Bayern Munich
5. Chelsea
6. Persib Bandung
7. Arsenal
8. Juventus
9. Liverpool
10. AC Milan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya