Timnas Indonesia U-16 Targetkan Uji Coba Lawan Australia

Pelatih Timnas U-16, Fachry Husaini
Sumber :
  • Bambang Tubo | VIVAnews

VIVA.co.id – Pelatih tim nasional Indonesia U-16, Fachry Husaini, menyatakan ingin anak asuhnya melakukan uji coba dengan tim luar negeri. Salah satu negara yang dibidik adalah Australia.

Kalahkan Australia, Timnas Indonesia U-23 Didominasi Alumnus PPLP dan SKO Kemenpora

Salah satu alasan Fachry menginginkan uji coba ialah untuk meraih hasil maksimal di Piala AFF U-15, Juli mendatang. Dan permintaan tersebut terbilang cukup wajar, lantaran Indonesia terbilang berada di grup yang berisikan negara-negara kuat.

(Baca juga: Pekan Penentuan Nasib Pemain Seleksi Timnas Indonesia U-16)

Kata Pelatih Australia Usai Dikalahkan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia

Seperti diketahui, skuat Garuda Muda berada di Grup A bersama tuan rumah Thailand, Australia, Myanmar, Laos, dan Singapura. Dan jika diperhatikan, hanya Laos yang kualitasnya terbilang di bawah Indonesia.

Untuk itu, dia ingin mencari lawan uji coba yang kualitasnya tak jauh berbeda dengan lawan di Grup A. Fachry juga berharap Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) mau mewujudkan rencana yang sudah disusunnya.

Ernando Ari Jago Banget, Timnas Indonesia Butuh Naturalisasi Kiper Inter Milan?

"Saya sudah bicarakan dengan PSSI terkait uji coba. Saya ingin tim melawan tim yang satu tipe dengan calon-calon lawan kami di AFF. Jika kami tak mendapat lawan Australia, mungkin kami akan cari lawan seperti Selandia Baru," kata Fachry kepada wartawan di kawasan National Youth Training Center Sawangan.

"Kami ingin main di ajang internasional, tentu akan lebih maksimal jika hasil latihan ini dilanjutkan dengan uji coba melawan tim luar negeri," jelasnya.

(Baca juga: Tugas Berat Pelatih Kiper Timnas Indonesia U-16)

Meski ingin beruji coba dengan tim luar, pelatih 51 tahun itu juga tak lupa menjadwalkan timnya dengan tim lokal. Dia mengatakan semua laga uji coba akan dimulai bulan depan.

"Nanti juga akan ada beberapa uji coba melawan tim lokal. Rencananya saya ingin mendapatkan dua atau tiga uji coba melawan tim luar sebelum AFF. Kalau lokal mungkin setelah persiapan umum akan berakhir menuju persiapan khusus, sekitar 4-6 uji coba tim lokal," tutur Fachry.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya