Eks Wasit Tanggapi Regulasi Pergantian 5 Pemain di Liga 1

Jimmy Napitupulu
Sumber :
  • VIVAnews/Marco Tampubolon

VIVA.co.id – PSSI sudah mengesahkan beberapa regulasi baru di kompetisi Liga 1. Salah satu yang tengah menjadi sorotan adalah regulasi penambahan pergantian pemain dalam satu pertandingan. PSSI menerapkan regulasi pergantian pemain dari yang semula hanya tiga pemain, menjadi lima pemain dalam satu pertandingan.

Hasil Pertandingan Persik Kediri Vs PSS Sleman, 8 Gol dan 1 Kartu Merah

Disahkannya regulasi pergantian lima pemain dalam satu pertandingan, tak lepas dari regulasi baru lainnya soal penggunaan pemain muda. Di ajang Liga 1 nanti, setiap klub harus memainkan tiga pemain U-23 dalam 45 menit pertama.

Oleh sebab itu, PSSI menambah jumlah pergantian pemain dalam satu pertandingan untuk memberi kesempatan kepada para pemain muda.

Lawan PSM Makassar Jadi Laga Hidup Mati Bagi Arema FC

Terkait hal ini, mantan wasit terbaik Indonesia, Jimmy Napitupulu, ikut memberikan komentarnya. Menurut Jimmy, regulasi pergantian pemain seharusnya tetap merujuk pada aturan yang telah dibuat oleh FIFA.

Dengan logika, klub-klub Indonesia ini akan jadi wakil Indonesia di ajang internasional jika mampu menjuarai Liga 1. Di ajang internasional nanti, klub-klub Indonesia ini akan kembali bermain dalam kompetisi yang memiliki regulasi sesuai dengan aturan AFC dan FIFA.

Hasil Liga 1: Bali United Lolos ke Championship Series Usai Tekuk Persebaya Surabaya

"Yang jelas regulasi (pergantian pemain) ini sudah ditetapkan oleh AFC dan FIFA. Seharusnya ya kita harus mengikuti regulasi yang sudah ditetapkan. Tapi, mungkin regulasi (pergantian lima pemain) punya tujuan positif. Kita harus lihat dulu tujuannya buat apa," kata Jimmy saat dihubungi VIVA.co.id, Kamis 30 Maret 2017 siang WIB.

"Misalnya, mungkin regulasi ini ditetapkan untuk memberi kesempatan kepada pemain muda. Yang jelas, selama tujuannya positif itu tidak jadi masalah," ujarnya.

Liga 1 dijadwalkan akan mulai digelar pada 15 April 2017. Laga perdana akan mempertemukan juara bertahan ISL (Indonesia Super League) 2014/2015, Persib Bandung, kontra kampiun Piala Presiden 2017, Arema FC. Duel dua raksasa Indonesia ini akan digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung. (one)

Persib Bandung kembali membuat gebrakan. Usai datangkan Michael Essien, kini mereka rekrut eks penyerang tim nasional Inggris. Lihat kedatangan Carlton Cole di video ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya